London (ANTARA News) - Pemerintah DKI Jakarta melakukan promosi di Pameran Pariwisata WTM London dengan membawa Abang dan None Jakarta, untuk memberikan Informasi dan mendistribusikan materi promosi Jakarta kepada para pengunjung pavilion Indonesia di Pameran Pariwisata WTM London yang tengah berlngsung di gedung Excel London, hingga 7 November mendatang.

Abang Dio Aufa Handoyo dan None Delicia Gemma Syah Marita tidak saja menjelaskan obyek wisata yang ada di DKI Jakarta dengan Kepulauan Seribu nya tetapi juga obyek wisata dari daerah lainnya. Umumnya pengunjung bertanya mengenai potensi Pariwisata yang dimiliki DKI Jakarta, ujar None Delicia Gemma kepada ANTARA London, Selasa.

Namun menurut mahasiswi fakultas hukum Universitas Padjadjaran itu, banyak juga yang bertanya mengenai obyek wisata daerah lainnya seperti Bali, Sulawesi, Yogyakarta dan tempat menarik lainnya di Indonesia. Delicia Gemma Syah Marita mengatakan senang bisa menjadi wakil Jakarta dalam event ini dan bisa berkontribusi secara langsung kepada dunia pariwisata Indonesia khususnya DKI Jakarta.

Apalagi dengan kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Jakowi yang banyak melakuan berbagai inovasi memperbaiki Jakarta sehingga menjadi lebih nyaman bagi masyarakat dan juga wisatawan yng datang, ujar Gemma.

Sementara itu Kepala Seksi Promosi Luar Negeri,Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Hari Wibowo mengatakan keikutsertaan DKI Jakarta dalam WTM London turut mempromosikan pariwisata dan budaya Betawi di WTM London. Dikatakannya selain membawa Abang dan None Jakarta delegation dari DKI Jakarta yang didampingi anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Ridho Kamaluddin serta staf dari Dinas Pariwisata DKI Dedy Sutardi dan Robert Arthur Ritey juga tim kesenian yang dipimpin koreografer Ayoub Zyckra.

Kelompok kesenian DKI Jakarta dengan delapan penari profesional Lisa paramita, Renny Nalisa, Ardiah Daryati, Ritta Daryuni, Ikka Radiyani, Liza Fitria, Hendri Biock dan Agus Kustiawan. Selain itu lima pemusik ikut menambah kemeriahan penampilan tim kesenian dari Jakarta diantaranya Syamsir, Taufik Adam, Yofferdy Adel, Mukhlis dan Asra yang mengiringin para penari.

Ayoub Zyckra kepada ANTARA London mengatakan bangga bisa ikut memeriahkan pameran Pariwisata terbesar kedua setelah ITB Berlin. "Waktu di Berlin kami tampil dalam acara pembukaan yang dihadiri Bapak Presiden SBY," ujar Ayub yang sudah melanglang buana membawa nama Indonesia.

Partisipasi DKI Jakarta dalam WTM london juga diwakili The Dharmawangsa Hotel Jakarta dengan membuka booth yang cukup sibuk dengan banyaknya pengunjung yang minta Informasi mengenai Jakarta . "Kami mendapat apresiasinya yang positive dari buyer dan juga media masa di Inggris, ujar Direktur Pemasaran The Dharmawangsa Novi Samodro kepada ANTARA London, Selasa.

Dikatakannya perusahaannya menawarkan dan memperkenalkan Indonesia melalui The Dharmawangsa Jakarta dengan menampilkan interior dan esterior hotel yang mencerminkan budaya Indonesia secara keseluruhan.

Hari Wibowo mengiharapkan melalui partisipasi pada event ini jumlah wisatawan khususnya dari Inggris yang datang ke Jakarta dapat semakin meningkat. Terlebih lagi Garuda Indonesia juga akan membuka penerbangan langsung London-Jakarta dengan frekuensi 3 kali seminggu mulai bulan Mei 2014 yang akan datang, sehingga akan semakin memudahkan para wisatawan untuk datang ke Jakarta.

Sementara itu anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Ridho Kamaluddin mengatakan keikutsertaan Pemerintah DKI dalam pameran pariwisata terbesar di Inggris perlu mendapat dukungan dari parlemen. Apalagi Jakarta juga memperkenalkan budaya Betawi kepada masyarakat Eropa khususnya di Inggris. Bila perlu anggaran promosi pariwisata ditingkatkan untuk mencapai target kunjungan wisatawan ke Jakarta. Apalagi Guernur Jakowi mengelar event yang bersifat internasional, demikian Ridho Kamaluddin. (ZG)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013