Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang juga kader partai yang dipimpinnya untuk menjaga lingkungan, termasuk menormalisasi 12 sungai di Jakarta.

"Setelah Jokowi terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, saya memintanya untuk menjaga lingkungan, termasuk lingkungan sungai," kata Megawati di sela kegiatannya melakukan penghijauan di bantaran Sungai Ciliwung, Condet, Jakarta Timur, Minggu.

Megawati meminta Jokowi memperhatian kondisi sungai dan penghijauan di Jakarta, salah satunya dengan normalisasi sungai-sungai di Jakarta yang sudah dikerjakan Jokowi.

Megawati menilai normalisasi Sungai Ciliwung tak hanya tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Padahal kenyataannya tidak demikian, tetapi merupakan tanggung jawab bersama, baik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pemerintah daerah di sekitarnya, maupun masyarakat," katanya.

Megawati menjelaskan sungai-sungai di Jakarta seperti Ciliwung dan Pesanggaran bermuara di Bogor.

Oleh karena itu, Megawati meminta Jokowi berkoordinasi dengan pemerintah daerah di sekitar Jakarta untuk bersama-sama menormalisasi sungai-sungai di Jakarta yang jumlahnya 12 sungai.

Dia membandingkan kondisi sungai di Jakarta dengan sungai di Tokyo yang hijau, bersih, dan indah.

"Pada saat saya berkunjung ke Tokyo, saya melihat kondisi sungai di sana bersih tanpa sampah, beda sekali dengan sungai di Jakarta," katanya.

Dia menilai kondisi sungai di Tokyo yang bersih itu karena masyarakatnya tidak membuang sampah ke sungai.

Ia lalu mengingatkan masyarakat Jakarta agar tidak membuang sampah sembarangan, termasuk membuang sampah ke sungai, demi memelihara Jakarta tetap bersih dan indah.

"Kebersihan lingkungan dimulai dari diri sendiri," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013