Ketika kami tiba di sini sejak akhir pekan, strategi yang ada dalam pikiran saya adalah mencoba untuk memimpin balapan,"
Valencia (ANTARA News) - Jorge Lorenzo, juara dunia tahun lalu, menyampaikan reaksinya setelah memenangkan balapan di Valencia, namun harus melepaskan gelar juara MotoGP kepada Marc Marquez, Lorenzo mengakui telah mengubah strategi dengan memperlambat perlombaan.

Sebelum balapan berlangsung Lorenzo membutuhkan kemenangan dan Marquez harus finish di posisi kelima atau dibawahnya untuk menutup defisit 13 poin diantara kedua pembalap ini.
 
Awalnya terlihat Lorenzo menjalankan taktik dengan terlibat pertempuran sengit dengan Dani Pedrosa dan Marquez sementara Alvaro Bautista dan Valentino Rossi mengekor di belakang mereka.
 
"Ketika kami tiba di sini sejak akhir pekan, strategi yang ada dalam pikiran saya adalah mencoba untuk memimpin balapan," kata Lorenzo dilansir dari MotoGP, (10/11).

"Sebenarnya saya ragu, tapi saya mengatakan kepada pers saya akan mencoba secepat mungkin, sehingga Marquez tidak akan mengetahui taktik saya. Tapi kemudian pagi ini setelah sesi pemanasan kami mengadakan pertemuan dan kami memutuskan untuk mengubah strategi dengan mencoba sedikit memperlambat lomba di lap pertama agar tidak ada penyesalan. Setidaknya sudah mencoba dan Anda dapat melihat apa yang akan terjadi." tambah pebalap 26 tahun ini.
 
Tetapi Lorenzo mengakui bahwa taktik 'memperlambat' tidak akan cukup dan ia memutuskan untuk memacu kendaraannya lebih cepat untuk mengambil kemenangan ketiganya secara beruntun dan kemenangan kedelapan di MotoGP 2013 ini.
 
"Para pebalap lain selain dari tiga terdepan terlalu lambat untuk keluar dari kelompoknya. Jadi saya, Dani dan terkadang dengan Marc selama beberapa lap berusaha untuk memperlambatnya. Saya harus mengambil banyak risiko terutama dengan Dani, tapi ketika saya berbalik saya melihat pebalap lain terlalu jauh di belakang dan saya memutuskan untuk memacu kendaraan jauh ke depan," kata Lorenzo.
 
Akhirnya, juara dunia MotoGP dua kali ini mengucapkan selamat kepada raja baru MotoGP, "Kami mencoba yang terbaik dengan segala cara untuk kejuaraan ini dan tidak ada penyesalan. Hari Marc adalah pemenang dan dia pantas menang. Dia memiliki bakat dan ambisi dan anda harus cepat untuk berada di depannya." (*)

Penerjemah:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013