Sabtu, 1 November 2014

Topan Haiyan terjang Vietnam Timur-laut

| 7.176 Views
id topan haiyan, topan haiyan di vietnam, efek topan haiyan
Topan Haiyan terjang Vietnam Timur-laut
Topan Super Haiyan terlihat mendekati Filipina dalam foto handout Badan Meteorologi Jepang yang diambil pada 0630 GMT (0130 EST), Kamis (7/11). Dengan hembusan 250 kph, badai yang masuk kategori paling berbahaya itu bergerak ke arah barat-barat daya dengan kekuatan 33 kph di Samudra Pasifik. (REUTERS/Japan Meteorological Agency/NOAA/Handout via Reuters)
Hanoi (ANTARA News) - Topan Haiyan telah menerjang Provinsi Quang Nihn di Vietnam Timur-laut, sekitar 120 kilometer di sebelah timur Ibu Kota Vietnam, Hanoi, demikian menurut Badan Meteorologi China (China Meteorological Administration/CMA).

Menurut laporan laman resmi Pusat Layanan Cuaca Umum CMA, topan ke-30 tahun 2013 yang dinamai Haiyan itu pada Senin pukul 05.00 waktu Beijing (04.00 WIB) berada di titik 107,3 derajat Bujur Timur dan 21,1 Lintang Utara, yang ada di daerah pantai Provinsi Quang Ninh, Vietnam Timur-laut.

Lokasi tersebut menunjukkan bahwa sekitar satu jam sebelum mendarat, Topan Haiyan telah melewati Lokasi Warisan Dunia di Vietnam, Ha Long Bay, yang berada di pantai Provinsi Quang Ninh, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Menurut CMA, dengan tekanan barometer inti 956 hektopaskal (hPa), inti Topan Haiyan memiliki kecepatan angin 38 meter per detik.

Pada Minggu, Komite Sentral Pengendalian Banjir dan Badai negara itu (CCFSC) melaporkan enam orang meninggal terkait topan tersebut di Vietnam tengah.

Semua korban dilaporkan meninggal di Provinsi Quang Nam, Quang Ngai dan Thua Thien Hue --yang terletak sekitar 650 kilometer dan 750 kilometer di sebelah selatan Hanoi di bagian tengah negeri itu.

Dana Anak PBB (UNICEF) sebelumnya menyatakan, sebanyak 1,7 juta anak Filipina kemungkinan menjadi korban Topan Super Haiyan. Sementara laporan resmi mengenai jumlah korban jiwa masih tetap 138 orang.

(Uu.C003)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga