Bengkulu (ANTARA News) - Sebanyak 1.384 orang mengikuti tes calon pegawai negeri sipil lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu pada 11-16 November ini.

Mereka mengikuti tes dengan sistem komputer di Universitas Bengkulu, kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Tarmizi di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan para peserta tersebut akan bersaing memperebutkan 90 kursi CPNS. Sebelumnya Pemprov Bengkulu akan menerima 144 orang CPNS, namun 24 formasi tanpa pelamar.

Calon PNS untuk 24 formasi tersebut yakni dokter spesialis dan perawat jiwa yang tidak ada pelamarnya, katanya.

"Jadi ada 54 kursi yang otomatis kosong karena tidak ada pelamarnya," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa tes seleksi CPNS Pemprov Bengkulu pada 2013 menggunakan sistem "Computered Asisted Test" (CAT).

Tes akan berlangsung selama lima hari, bertempat di gedung Badan Teknologi Informasi Komunikasi atau biasa disebut Gedung Batik Universitas Bengkulu.

Ia mengimbau seluruh peserta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dengan sistem komputer.

"Para peserta diperkirakan akan menghadapi setidaknya 100 soal dengan bentuk pilihan ganda," katanya.

Masing-masing peserta akan diberi waktu 100 menit untuk mengerjakan 100 soal tersebut.

Pelaksanaan tes, kata dia akan dibagi dalam shift dimana satu shift diikuti 50 orang peserta dengan waktu 100 menit dan setiap pergantian shift jeda sekitar 30 menit.

Jadwal shift untuk masing-masing peserta dapat dilihat di situs resmi Pemprov Bengkulu di http://go.bengkuluprov.go.id/ver3/index.php/pengumuman-hasil-silesksi-cpns-2013/pengumuman-jadwal-tes-cat-2013.

Ia mengingatkan para peserta yang terlambat, dipastikan gugur dan tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Peserta dilarang membawa buku atau catatan atau sejenisnya, dilarang membawa kalkulator, telepon genggam dan kamera, membawa makanan dan minuman, dan dilarang membawa senjata api atau tajam atau sejenisnya.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013