New York (ANTARA News) - Film dari Marvel, "Thor: The Dark World", berada di puncak boiskop Amerika Serikat dan Kanada pekan ini.

Film yang dibintangi Chris Hemsworth ini meraup 86,1 juta dolar dari penjualan tiket. "Thor" juga mengumpulkan 94 juta dolar dari pasar internasional, menurut distributor Walt Disney Co, seperti dilaporkan Reuters.

Film tersebut beredar di bioskop sejak 30 Oktober lalu. Sekuel "Thor" ini juga menampilkan aktris Natalie Portman sebagai kekasih Thor, sang dewa petir yang berjuang menyelamatkan Asgard dari kekuatan jahat. Tom Hiddleston juga tampil sebagai Loki, kakak Thor.

"Thor: The Dark World" berada sedikit di bawah ramalan industri yang berharap dapat menembus 92 juta dolar di bioskop Amerika Utara. Tetapi, angka ini lebih tinggi dari "Thor" pertama yang meraih 65,7 juta dolar (Mei 2011) pada pekan pertamanya.

Thor juga tampil dalam film tahun 2012, "The Avengers", yang membantu menarik perhatian terhadap tokoh tersebut. Menurut jajak pendapat yang diadakan situs Fandango, 72 persen pembeli tiket mengatakan kesan Thor di "The Avengers" membuat mereka menonton "Thor: The Dark World".

"Ini permulaan yang bagus," kata Dave Hollis, Wakil Presiden Eksekutif Distribusi Walt Disney Studio, seperti yang dikutip dari Reuters.

Ia menambahkan Disney menganggap film yang berpenghasilan sekitar 80 juta dolar akan bagus.

Tempat kedua bioskop AS diisi oleh film "Jackass Presents: Bad Grandpa" yang menampilkan komedian Johnny Knoxville yang menyamar menjadi kakek 86 tahun.

"Free Birds" berada di posisi ketiga dengan  11,2 juta dolar. Film itu mengungguli "Last vegas" yang meraih 11,1 juta dolar.

Juara pekan lalu, "Ender's Game" turun ke posisi lima.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013