Ya... sebagian fasilitas akan dibangun baru ada juga yang direhab, namun dipastikan berstandar internasional sehingga nantinya bisa digunakan untuk menggelar event internasional seperti SEA Games atau bahkan Asian Games,"
Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan menyatakan tempat pertandingan yang akan dibangun untuk PON XIX/2016 dipastikan bertaraf internasional sehingga bisa menjadi tuan rumah.

"Ya... sebagian fasilitas akan dibangun baru ada juga yang direhab, namun dipastikan berstandar internasional sehingga nantinya bisa digunakan untuk menggelar event internasional seperti SEA Games atau bahkan Asian Games," kata Heryawan seusai dilantik menjadi Ketua Umum PB PON XIX/2016 di Bandung, Senin.

Untuk pembangunan sarana dan prasarana PON 2016, Jawa Barat akan menganggarkan pada APBD tahun 2014 dengan jumlah yang cukup signifikan.

"Mulai 2014 pembangunan infrastruktur PON, khususnya tempat pertandingan akan mulai digulirkan. Anggaranya akan dicicil setiap tahun dan puncaknya pada 2015 ditargetkan tuntas," kata gubernur.

Tidak disebutkan angka pasti kebutuhan pembangunan infrastruktur PON tersebut, namun gubernur memastikan semuanya akan terpenuhi dan tuntas pada waktunya.

Di sisi lain, Jabar telah memiliki Stadion Utama Bandung Lautan Api yang akan menjadi lokasi tempat pembukaan PON XIX/2016.

"Stadion kita sudah punya, tinggal kita bangun dan perbaikan sarana pertandingan, semuanya dilengkapi dengan sarana dan prasarana berstandar internasional," kata Heryawan.

Ia menyebutkan, pada tahun 2016, Jawa Barat menargetkan tri sukses yakni sukses sebagai tuan rumah, sukses prestasi menjadi Juara Umum PON 2016 serta sukses pemberdayaan ekonomi.

"Pembangunan fasilitas olahraga itu sinergitas dengan target Jabar untuk mendukung program kunjungan wisatawan ke Jawa Barat. Nantinya ada sarana pertandingan olahraga dan juga ada fasilitas convention center," katanya.

Lebih lanjut, Ahmad Heryawan menyebutkan komitmen Jabar untuk menjadi tuan rumah PON 2016, yakni untuk mengembalikan prestasi Jawa Barat dan juga sebagai ajang mempromosikan potensi Jawa Barat kepada para peserta.

Sedangkan lokasi pertandingan, dipastikan akan dipusatkan di wilayah Bandung Raya, serta ada yang digelar di Purwakarta dan juga di Bogor untuk beberapa cabang olahraga yang memerlukan fasilitas khusus.

"Yang pasti mulai 2014, kita lakukan pengerjaan dan pembangunan sarana olahraga besar-besaran. Semuanya sudah dialokasikan," kata Gubernur Jabar itu menambahkan. (S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013