Madrid (ANTARA News) - Barcelona telah memperpanjang kesepakatan dengan UNICEF sampai 2016, di mana klub Liga Spanyol itu membayar dua juta dolar per tahun untuk memasang nama badan PBB untuk pengumpulan dana untuk anak-anak tersebut di bagian belakang kostum mereka.

Kesepakatan saat ini akan habis tahun depan dan para direktur Barca menyetujui perpanjangan dua tahun pada pertemuan dewan yang dilakukan Selasa, kata juara Spanyol itu pada situs mereka (www.fcbarcelona.es).

Barca dan UNICEF mulai bekerja sama pada 2006 dan Pemain Terbaik Dunia empat kali Lionel Messi merupakan salah satu duta besar global organisasi itu.

Klub itu menggunakan nama UNICEF di bagian depan kostum mereka, yang membuat mereka menjadi salah satu dari sedikit tim sepak bola yang tidak menampilkan logo perusahaan di bagian depan kausnya.

Mereka menyetujui kesepakatan sponsor dengan Qatar Sports Investment yang bernilai 30 juta euro per musim pada 2011, dan sekarang kostum Barca memasang nama maskapai Qatar Airways.

Dipindahkannya nama UNICEF ke bagian belakang kaus merupakan hal kontroversial dan memicu tudingan-tudingan bahwa klub telah menjual diri dan mengkompromikan idealisme mereka untuk menangguk keuntungan material.

Para ofisial Barca berargumen bahwa suntikan dana di masa yang sensitif bagi keuangan klub sangat dibutuhkan untuk membantu pendanaan pengembangan tim-tim olahraga, dan membantu mereka bersaing dengan rival-rival yang lebih kaya, demikian Reuters. (Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013