Nomor ini (ganda campuran) memang menjadi salah satu andalan untuk merebut medali emas
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) telah menetapkan nama atlet yang akan turun di SEA Games 2013 Myanmar sudah final sehingga tidak akan ada perubahan.

"Nama atlet sudah final. Tidak akan ada perubahan lagi. Saat ini tinggal pemantapan saja," kata Kepala Bidang Humas dan Sosial Media PP PBSI, Yuni Kartika di Cipayung Jakarta, Kamis.

Pada SEA Games 2013 Myanmar, kata dia, Indonesia akan turun pada semua nomor yang dipertandingkan yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran. Atlet-atlet yang cukup berpengalaman akan diturunkan pada kejuaraan dua tahunan ini.

Untuk tunggal putra akan mengandalkan Dionysius Hayom Rumbaka dan Wisnu Yuli Prasetyo. Tunggal putri menurunkan Aprilia Yuswandari dan Bellaetrix Manuputty. Ganda putri akan mengandalkan pasangan Greysia Polii-Nitya Krishinda Maheswari dan Tiara Rosaria Nuraidah-Gebby Ristiyani Imawan.

Ganda putra akan diturunkan pasangan Angga Pratama-Rian Agung Saputro dan Ricky Karanda Suwardi-Berry Angriawan sedangkan ganda campuran menurunkan pasangan Muhammad Rijal-Debby Susanto dan Riky Widianto-Richi Dili Puspita.

Mantan atlet bulu tangkis nasional itu menjelaskan, semua atlet yang akan turun di SEA Games 2013 terus dipantau dan terus menjalankan program yang telah disiapkan oleh jajaran pelatih.

Sementara itu Manajer Tim Bulu Tangkis Indonesia di SEA Games 2013, Ricky Soebagdja mengatakan, pihaknya menargetkan tiga medali emas dan dua perak kepada atlet yang dikirim.

Medali emas, kata dia, dibidik dari nomor ganda putra dan putri serta ganda campuran. Sedangkan untuk perak dibidik dari nomor tunggal putra dan putri.

Target yang dicanangkan oleh PP PBSI bukan tanpa dasar. Pemain yang diturunkan terutama untuk nomor ganda campuran yaitu Muhammad Rijal dan Debby Susanto merupakan peringkat 7 dunia BWF meski sebelumnya dipisahkan seperti saat turun di Denmark Open Super Series Premier, Oktober lalu.

"Nomor ini (ganda campuran) memang menjadi salah satu andalan untuk merebut medali emas," kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Pelatnas PP PBSI itu.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013