Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional China ungguli Indonesia 1-0 pada babak lanjutan kualifikasi Pra Piala Asia 2015 Grup C yang dihelat di stadion Shaanxi Province Jiaodaruisen, Xi'an, China, Jumat (15/11).

China sudah menekan Indonesia sejak peluit babak pertama dibunyikan. Kiper Indonesia, I Made Wirawan, cukup kerepotan menghadapi lini serang China. Yu Dabao beberapa kali mendapatkan umpan terobosan dari lini tengah China dan pada menit-17 nyaris membobol gawang Indonesia, beruntung I Made Wirawan sigap mematahkannya.

Hampir 45 menit China menguasai pertandingan akhirnya gol yang dinanti publik tuan rumah terjadi. Pada menit 45+1 Wu Lei berhasil merubah umpan silang dari lini kedua dengan sundulannya dan menaklukan I Made Wirawan. 

Pada babak kedua China masih menguasai jalannya pertandingan. Praktis tim Garuda hanya beberapa kali melakukan serangan balik. 

Pada sepuluh menit awal babak kedua berjalan sundulan Wu Lei kembali membahayakan gawang Indonesia. Selain itu pada babak kedua ini tim China lebih sering mengirimkan umpan lambung untuk kedua penyerangnya.
 
Indonesia bukan tanpa harapan, pada pertengah babak kedua terjadi kemelut di kotak pinalti China, sayang tembakan Boaz melebar. Kesempatan yang dimiliki Titus Bonai pun masih lemah untuk merepotkan penjaga gawang China.

Meskipun pertandingan dikuasai tim China namun penjaga gawang I Made Wirawan dan duet pertahanan Indonesia, Victor Igbonefo dan M. Roby terlihat 'lembur' untuk menjaga agar Indonesia tidak kebobolan lebih banyak lagi.

Sampai peluit panjang dibunyikan kedudukan tetap 1-0 untuk kemenangan China. 

Sementara kekalahan ini semakin membenamkan Tim Garuda di dasar klasemen Pra Piala Asia 2015 Grup C dan nyaris menutup harapan untuk dapat tampil di Piala Asia 2015 di Australia karena selisih poin yang kian merenggang dengan posisi pertama dan kedua di tabel klasemen.

Susunan pemain

China: Zeng Cheng (GK), Rong Hao, Zhang Linpeng, Zheng Zhi, Liu Jianye, Zhao Xuri, Sun Ke, Wu Lei, Huang Bowen, Gao Lin, Yu Dabao

Pelatih : Fu Bo

Indonesia: I Made Wirawan (GK), Victor Igbonefo, Raphael Maitimo, Achmad Jufriyanto, Muhamad Roby, Ahmad Bustomi, Titus Bonai, Ruben Sanadi, Hasim, Taufiq, Boaz Solossa

Pelatih : Jacksen F. Tiago

Klasemen  Pra Piala Asia 2015 Grup C dilansir dari situs resmi AFC.

Group C

Teams          P W D L GF GA GD PTS
Arab Saudi        3  3  0 0  6   2     4 9
CHINA             4  2  1 1  4   3     1 7
IRAQ           3  1  0 2  1   3    -2 3
INDONESIA    4  0  1 3  2   5     -3 1

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013