Moskow (ANTARA News) - Bintang pop Amerika Serikat Madonna dan aktris Prancis pemenang Oscar Marion Cotillard menyerukan pembebasan bagi aktivis Greenpeace dan para wartawan yang dipenjarakan di Rusia setelah protes yang gagal terhadap pengeboran minyak di Laut Arktik.

Greenpeace mempublikasikan dalam akun Twitternya pada Senin foto Madonna dengan kutipan yang meminta untuk "memulangkan" 28 aktivis dan wartawan yang ditahan selama dua bulan September di dalam kapal pemecah es Arctic Sunrise.

Cotillard, bintang film pemenang penghargaan "La Vie en Rose" yang berkisah tentang penyanyi Prancis Edith Piaf, sebentar dikurung dirinya dengan sekelompok aktivis lingkungan di Paris dalam sebuah tindakan simbolis memprotes penangkapan yang disebut Arktik 30, menurut foto-foto yang dirilis oleh Greenpeace Jumat malam.

Musisi Inggris Paul McCartney sebelumnya mengajukan banding dengan surat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk melepaskan orang-orang itu dari penjara.

Sebanyak 30 orang ditahan oleh pihak berwenang Rusia selama protes atas platform minyak Laut Arktik dijalankan oleh afiliasi raksasa energi Gazprom dan kemudian ditempatkan dalam tahanan.

Tuduhan-tuduhan yang dikenakan telah dikecam baik di Rusia dan luar negeri.

Penyelidik awalnya membebankan semua 30 orang di atas kapal pemecah es dengan pembajakan, tetapi kemudian menurunkan tuduhan menjadi hooliganisme. Mereka menghadapi hukuman maksimal sampai tujuh tahun penjara, jika terbukti bersalah.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013