Jakarta (ANTARA News) - Badan PBB yang menangani anak-anak, UNICEF mengirimkan bantuan untuk anak-anak yang terkena dampak Topan Haiyan di Filipina.

Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia Angela Kearney dalam siaran pers UNICEF yang diterima ANTARA News, menyebutkan timnya telah mencapai Tacloban, Ormac dan Roxas, daerah yang paling terpengaruh oleh bencana ini.

"Kami sudah menyalurkan 2.500 perlengkapan sanitasi untuk keluarga dan anak-anak mereka. Dalam situasi seperti ini, kebersihan sangat penting untuk mengurangi risiko kesehatan yang dihadapi anak-anak," katanya.

Bantuan UNICEF tercatat telah terdistribusi ke 18.000 orang di Tacloban. Di dalam setiap paket terdapat deterjen dan sabun cuci, sabun mandi, wadah air, pasta gigi, sikat gigi, dan pembalut wanita.

Salah satu tugas terpenting di lapangan adalah memastikan adanya air bersih, karena kerusakan pada pipa dan infrastruktur air telah merusak pasokan air di daerah yang terdampak.

"Sebagian layanan pasokan air telah dipulihkan di kota Tacloban dengan menggunakan bahan bakar, generator dan suku cadang yang telah diamankan untuk keberlanjutan operasi," ucap Ted Chaiban, Direktur Program Darurat UNICEF.

"Hal ini memberikan air minum yang aman bagi hampir 200.000 orang," tambahnya.

"Apa yang saya juga lihat di Tacloban adalah ketangguhan yang luar biasa. Orang-orang sangat menantikan untuk membangun kembali rumah dan kehidupan mereka. Tapi mereka membutuhkan bantuan kita untuk memulai," demikian Angela.

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013