Solok, Sumbar (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia (Menkokesra RI) HR Agung Laksono, mencanangkan Program Nasional Terpadu Gerakan Pembangunan Kampung (Pandu Gerbang Kampung), di Payo Kelurahan Tanah Garam Kota Solok, Senin.

"Program ini merupakan program kerjasama sejumlah kementerian/lembaga yang berada di bawah koordinasi Menkokesra untuk meningkatkan taraf perekonomian dan kehidupan masyarakat", kata Laksono usai pencanangan program tersebut.

Ia menambahkan, upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, pemerintah telah menetapkan kebijakan 4 klaster yaitu perlindungan sosial, program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM), pemberdayaan UMKM, dan Paket Murah untuk masyarakat (rumah murah, air bersih murah, listrik murah, transportasi murah, pemberdayaan nelayan, dan pemberdayaan masyarakat pinggiran kota).

Program Pandu Gerbang Kampung ini merupakan salah satu bentuk program kegiatan pemerintah dalam mendukung suksesnya kebijakan empat klaster tersebut, katanya.

Menurut dia, dalam melaksanakan Program Gerbang Kampung, pemerintah pusat melibatkan sejumlah Kementerian yang dikoordinir oleh Kementerian Kesejahteraan Rakyat, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Tentu setiap Kementerian ini akan mengambil bagian dalam membangun kampung sesuai dengan bidangnya masing-masing, katanya.

Usai pencanangan, Menkokesra secara simbolis menyerahkan bantuan sejumlah Kementerian kepada Walikota Solok H Irzal Ilyas dan perwakilan masyarakat setempat.

Pewarta: Hamriadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013