Jakarta (ANTARA News) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dr. Dien Ermawati mengimbau masyarakat waspada akan penyakit-penyakit yang mungkin timbul saat musim penghujan dan banjir, salah satunya yang diakibatkan bakteri dari kucing dan tikus, leptospirosis.

"Bakteri leptospira bisa ditularkan hewan ke manusia lewat kaki, makanya saat hujan atau banjir lindungi kaki dengan penutup, jangan malah main air," kata Dien di Jakarta, Senin.

Leptospira mampu bertahan hidup cukup lama di dalam ginjal kucing atau tikus sehingga bakteri akan banyak dikeluarkan hewan lewat urin.

Selain penyakit leptospirosis, diare, DBD, cikunguya, gatal-gatal serta flu masih menjadi ancaman saat banjir.

"Oleh sebab itu kebersihan lingkungan sangat penting, masyarakat harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun setiap saat," katanya.

Terkait dengan tenaga kesehatan dan peralatan medis serta obat-obatan mengantisipasi banjir, Dien mengatakan Dinas Kesehatan sudah menyiapkan semuanya.

"Kami sudah siapkan ambulans dan tenaga kesehatan yang siap bekerja tiga shift melayani warga saat banjir, suplai obat lancar," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013