Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan keamanan jaringan komputer Fortinet menyatakan telah memperluas ekosistem keamanan virtualnya yang sekarang menjangkau Microsoft Windows Server Hyper-V dan infrastruktur virtualisasi Kernel-based Virtual Machine (KVM).

“Dengan Windows Server dan ekosistem keamanan Fortinet, para pelanggan kami mendapatkan solusi terdepan di industri dengan keyakinan bahwa infrastruktur virtual mereka kini lebih aman,” kata Brian Hillger, Director Server and Tools Marketing, Microsoft.

Pengumuman terbaru Fortinet ini merupakan tindak lanjut dari pemberitahuan di ajang VMworld Agustus lalu, di mana Fortinet mendemonstrasikan pembuktian konsep integrasi dengan platform virtualisasi jaringan NSX terbaru VMware, kata Fortinet dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa.

Pada bulan September lalu, Fortinet mengumumkan bahwa perangkat virtual FortiGate-VM memperoleh sertifikasi Common Criteria EAL 4+ untuk kemampuan deteksi gangguan serta kinerja firewall aplikasi dan firewall secara umum.

"Dengan dukungan terhadap Windows Server Hyper-V and KVM di samping dukungan yang sebelumnya hadir untuk teknologi virtualisasi VMware, Citrix XenServer and Open Source Xen, Fortinet kini memberikan rangkaian solusi keamanan yang paling lengkap di industri untuk infrastruktur virtual," katanya.

Ekosistem keamanan virtual Fortinet memberikan dukungan VMware dan Windows Server Hyper-V untuk perangkat virtual FortiGate-VM, FortiAnalyzer-VM and FortiManager-VM, serta menambah dukungan KVM bagi perangkat virtual FortiGate-VM.

Dengan perluasan ini, Fortinet juga memperkenalkan FortiCache-VM ke dalam ekosistem keamanan virtualnya serta dukungan Citrix XenServer dan Open Source Xen yang disediakan untuk rangkaian perangkat virtual FortiWeb-VM.

FortiCache-VM menawarkan Web caching berkinerja tinggi untuk mengatasi penuhnya bandwidth, latensi yang tinggi, dan rendahnya kinerja yang disebabkan oleh caching situs web populer secara lokal untuk operator, penyedia layanan, perusahaan, dan jaringan pendidikan.

Perangkat fisik dan virtual FortiCache diklaim mengurangi biaya dan konten muatan caching pada jaringan atau di dalam cloud, sekaligus meningkatkan kinerja dan kepuasan end-user dengan menambah kecepatan pengiriman konten caching populer berulang kali.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013