Kalau orang tua lebih punya banyak waktu berkualitas dengan anak, itu orang tua punya kemampuan observasi yang kuat."
Jakarta (ANTARA News) - Artis Dian Sastrowardoyo mengaku lebih senang memandikan dan memijat buah hatinya, Ishana Ariandra Nariratana Sutowo di antara sejumlah perawatan yang umum pada bayi.

Dian mengaku secara rutin memandikan dan memijat Ishana (5 bulan), tiga kali dalam seminggu. Ia biasanya memanfaatkan waktu di akhir pekan untuk melakukan rutinitas ini.

"Karena mandi sama pijet itu skin to skin touch, jadi kita sekalian liat matanya sekalian nyanyi-nyanyi, sambil pasang musik biar dia (bayi) tenang," ujar Dian dalam acara "Zwitsal Baby Spa: Cara Baru Stimulasi Dini Buah Hati Anda" di Jakarta, Rabu.

Lebih dari itu, Dian dan suaminya ingin memastikan kedua buah hatinya mengetahui jika mereka disayang.

"Aku ingin anak-anakku tumbuh jadi anak yang tahu betul mereka disayang banget sama orang tuanya. Aku dan suamiku punya komitmen untuk memastikan hal itu," ujar Dian.

Praktisi Neurosains Terapan, Anne Gracia mengatakan sentuhan baik saat memandikan bayi atau memijat (skin to skin touch) merupakan bentuk komunikasi nonverbal dini pada bayi. "Bayi itu harus sangat dikenali dan harus sangat mengenali ekspresi kita. Dia langsung gerakan refleks," katanya.

Di samping itu, cara ini merupakan salah satu upaya orang tua melakukan observasi yang berguna untuk memahami kebutuhan anak-anaknya.

"Ketika kita (orang tua) tahu kebutuhan anak-anaknya, maka pada saat itulah kita sudah melakukan keseimbangan. Itu yang terpenting," ujar Anne.

Oleh karena itu, Anne menyarankan orang tua seharusnya memiliki banyak waktu yang berkualitas pada anak-anaknya.

"Kalau orang tua lebih punya banyak waktu berkualitas dengan anak, itu orang tua punya kemampuan observasi yang kuat," ujarnya.(*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013