Kepada semua orang dan keluarga yang tersapu angin topan, saya nyatakan bahwa pertandingan ini khusus untukmu."
Macau (ANTARA News) - Petinju Filipina Manny Pacquiao melakukan pertarungan memperebutkan gelar melawan Brandon Rios Minggu, yang disebutnya dipersembahkan untuk para korban topan di Filipina. "Pertarungan ini untuk Anda," kata Pacquiao, Rabu.

Petinju kondang itu mengatakan dalam temu pers menjelang pertandingan perebutan gelar kelas welter WBO di Macau bahwa pikirannya bersama para korban angin topan Haiyan yang melanda Filipina pada 8 November.

"Saya akan melakukan yang terbaik pada laga mendatang dan menyuguhkannya khusus kepada para korban topan di negara saya," kata Pacman, yang menyandang gelar dunia dalam delapan kelas.

"Kepada semua orang dan keluarga yang tersapu angin topan, saya nyatakan bahwa pertandingan ini khusus untukmu," ujarnya seperti dikutip AFP.

Lebih dari 4.000 orang tewas dan sekitar 4,4 juta kehilangan tempat tinggal dalam insiden topan itu, yang tercatat sebagai salah satu angin terkuat selama ini.

Pacquiao dan Rios sama-sama menunjukkan rasa hormat dalam temu pers, berbeda dengan pelatih mereka yang terlibat dalam konfrontasi tentang kekuatan petinju masing-masing, di gym, resor Venetian, Macau Rabu pagi.

"Saya hanya dapat mengatakan bahwa kedua kami yang akan berlaga besiap dengan baik. Biarlah ini diselesaikan di atas ring," kata Pacquiao.

"Mari kita menunjukkan contoh yang baik kepada semua orang yang mengagumi tinju," katanya.

"Saya juga hanya dapat mengatakan, ini adalah olahraga. Ini bukan masalah pribadi, kami melakukan pekerjaan kami di atas ring. Setiap orang yang sudah melakukan sesuatu harus saling memaafkan seperti juga dilakukan Tuhan kepada ciptaannya," katanya.

Rios yang berusia 27 tahun mengatakan ia akan mengalahkan Pacquiao, yang akan berusia 35 tahun bulan depan dan sudah memiliki 54 kemenangan, lima kali kalah dan dua kali seri, dalam karir tinju profesionalnya hampir 19 tahun.

Petinju Amerika itu, mantan juara dunia kelas ringan, menyatakan ia dalam kondisi terbaiknya dan jangan sampai diduga bahwa ia hanya mencoba-coba melawan Pacquiao, yang membutuhkan kemenangan setelah kalah atas Timothy Bradley dan Juan Manuel Marquez tahun lalu.

"Saya dalam kondisi terbaik saya," kata Rios, "Saya amat disiplin. Saya melakukan semua yang perlu untuk menang. Saya mengikuti instruksi pelatih saya."

"Saya bukan sedang melakukan pemanasan. Saya bukan sansak tinju karena bila sansak tinju tidak akan membalas bila dipukul. Saya akan menjadi monster bila sudah berada di atas ring," katanya.

Pertandingan itu, dijuluki dengan sebutan "Clash in Cotai", akan berlangsung Minggu 24 November pukul 10:00am di Macau (0200 GMT), 9:00pm Sabtu malam di kawasan pantai timur Amerika Serikat.

(A008)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013