Sekarang ini kita memang sedang membutuhkan sosok pebulu tangkis putri yang handal untuk membangkitkan kembali prestasi bulu tangkis di kancah internasional. Saya berharap dari kejuaraan seperti Sidu Cup ini, akan lahir Susi Susanto atau Verawati Faj
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengatakan Indonesia membutuhkan sosok pebulu tangkis handal di sektor putri yang mampu mengangkat kembali kemerosotan prestasi di berbagai ajang internasional selama beberapa tahun terakhir.

Saat memberikan motivasi di hadapan ratusan pebulu tangkis usia dini dan pemula yang mengikuti kejuaraan pelajar Sinar Dunia Cup 2013 di GOR Sudirman Surabaya, Kamis sore, Roy Suryo menyatakan masyarakat sangat rindu akan lahirnya kembali pemain-pemain putri seperti Verawati Fajrin atau Susi Susanti.

"Sekarang ini kita memang sedang membutuhkan sosok pebulu tangkis putri yang handal untuk membangkitkan kembali prestasi bulu tangkis di kancah internasional. Saya berharap dari kejuaraan seperti Sidu Cup ini, akan lahir Susi Susanto atau Verawati Fajrin yang baru," katanya.

Kejuaraan bulu tangkis pelajar Sidu Cup seri ke-10 atau terakhir yang berlangsung di Surabaya pada 19--23 November 2013, diikuti sebanyak 1.002 orang pelajar SD dan SMP dari 33 kabupaten/kota.

Menurut Menpora, prestasi bulu tangkis Indonesia sudah menunjukkan kebangkitan dengan menjuarai sejumlah turnamen internasional bergengsi, tetapi prestasi itu baru diraih pada nomor ganda putra dan ganda campuran.

"PBSI di bawah kepemimpinan Pak Gita Wirjawan masih perlu bekerja keras lagi untuk mencetak pemain-pemain handal. Kita ingin di semua sektor, baik tunggal putra dan putri maupun ganda juga berprestasi," tambahnya.

Khusus kepada pemain-pemain pemula di sektor putri, Roy Suryo berpesan agar mereka giat berlatih dan tidak cepat putus asa dalam meniti karir di bulu tangkis.

"Jadilah Susi Susanti dan Verawaty Fajrin baru. Jangan sampai mau kalah dari pemain putri China, Korea dan Jepang, apalagi kalah dari Malaysia," tegas Menpora yang disambut tepuk tangan meriah para atlet.

Selain empat negara tersebut, lanjut Menpora, saat ini Indonesia memiliki musuh baru di sektor putri, yakni Thailand, yang sudah berhasil melahirkan seorang juara dunia melalui pemain mudanya Ratchanok Intanon.

Sebelumnya, Ketua Umum PB PBSI Gita Wirjawan saat membuka kejuaraan Sidu Cup, Selasa (19/11), juga menyampaikan harapannya kepada atlet-atlet pemula untuk terus berlatih keras agar bisa menjadi pemain handal di masa depan dan membawa nama baik bangsa dan negara di pentas dunia.

"Bulu tangkis kita sudah mulai bangkit dan tahun ini prestasi yang diraih para pemain sudah cukup memuaskan. Kami yakin dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia akan kembali meraih supremasi di ajang bulu tangkis dunia," ujar Gita Wirjawan.(*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013