Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersama Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Kamis, meninjau sejumlah tempat di wilayah Jakarta Utara di antaranya Waduk Pluit dan Stasiun Pompa Waduk Pluit.

Tempat pertama yang dikunjungi oleh Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi dan Mark, yaitu Waduk Pluit. Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, keduanya tiba di lokasi pukul 16.00 WIB.

Sesampainya di lokasi, Jokowi dan Mark segera menghampiri warga yang sedang bersantai di kawasan Taman Waduk Pluit. Melihat keduanya, warga langsung mendekati dan berkerumun untuk mengambil kesempatan berjabat tangan.

Setelah menyapa warga, Joko Widodo dan Mark bersama-sama berjalan ke pinggir waduk untuk menengok kondisinya, kemudian melihat-lihat situasi di Taman Waduk Pluit yang mengelilingi waduk tersebut.

Gubernur DKI juga sempat mengajak Mark untuk melihat peta konsep pengembangan Waduk Pluit. Dia menjelaskan berbagai fasilitas yang akan dibangun di taman itu.

Dari Waduk Pluit, keduanya melanjutkan kunjungan ke Stasiun Pompa Waduk Pluit yang letaknya tidak jauh dari waduk tersebut.

Di stasiun pompa, kunjungan mereka tidak berlangsung terlalu lama. Jokowi dan Mark hanya melihat-lihat sebentar, kemudian PM Belanda itu pamit undur diri.

"Di sini (stasiun pompa Waduk Pluit) cuma sebentar, karena tadi kita sudah kesini, sebelum ke Waduk Pluit. Terus, dia (Mark) bilang mau melihat pompa-pompa ini lagi. Makanya, saya antar beliau kembali ke sini," kata gubernur.

Dia menjelaskan, kunjungan yang dilakukan bersama PM Belanda itu hanya sekedar pertukaran informasi dan pengalaman, terutama terkait masalah pengelolaan air dan antisipasi banjir.

Dalam kunjungan yang dilakukan oleh PM Belanda di dua lokasi tersebut, turut hadir pula Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.
(R027/Z002)

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013