Dan dia benar! Saya terkena basil (sic) cell carcinoma
Los Angeles (ANTARA News) - Aktor Australia Hugh Jackman menjalani pengobatan kanker kulit, seperti yang diperlihatkannya dalam foto dirinya dengan hidung ditempeli plester yang diunggahnya di Twitter dan Instagram.

Bintang Hollywood itu, seperti dikutip AFP, memperingatkan pengikut di Twitter agar waspada bila ada bercak mencurigakan di kulit dan selalu memakai tabir surya.

"Deb berkata agar saya memeriksakan bercak di hidung," tulisnya di Twitter, merujuk pada istrinya Deborra-Lee Furness.

"Dan dia benar! Saya terkena basil (sic) cell carcinoma. Tolong jangan teledor seperti saya. Periksakan dirimu. Dan pakailah tabir surya!!!" tulisnya sambil menautkan gambar Instagram.

Dia tidak menjelaskan kapan dirinya diobati atau kapan dia didiagnosa. Juru bicara Alan Nierob pun tidak memberikan penjelasan lain.

Basal cell carcinoma (BCC) adalah salah satu bentuk kanker kulit yang kerap dialami orang-orang, lebih dari dua juta kasus didiagnosa menderita BCC di Amerika Serikat setiap tahun menurut data American Academy of Dermatology.

Biasanya BCC terjadi pada kulit yang terkena sinar matahari seperti kepala, leher, dan punggung tangan, tapi yang paling umum adalah wajah dan hidung. Orang yang sering berjemur memiliki risiko lebih tinggi terkena BCC.

"Jenis kanker kulit ini berkembang perlahan. Biasanya BCC jarang menyebar ke bagian tubuh lain," tulis AAD dalam lamar resminya, menambahkan bahwa BCC penting untuk ditindaklanjuti karena bila dibiarkan dapat merusak jaringan kulit dan tulang.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013