Memang belum ada permintaan resmi, namun kami tetap tempatkan anggota untuk mengantisipasi masuknya orang-orang yang tidak bertanggungjawab"
Semarang (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Tengah siap menjaga kawasan sekitar bangkai kapal selam U-Boat milik Jerman temuan Pusat Arkeologi Nasional tidak jauh dari perairan Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara.

"Saya sudah instruksikan agar diamankan. Prinsipnya, kalau termasuk benda bersejarah akan diamankan, jangan sampai dicuri," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Dwi Priyatno di Semarang, Jumat.

Menurut dia, polisi sudah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk menjaga kapal selam yang diduga peninggalan Perang Dunia Kedua tersebut atau sewaktu Jerman dikuasai Nazi.

Ia menuturkan lokasi penemuan kapal selam tersebut cukup jauh, sekitar 10 Kilometer dari Kepulauan Karimunjawa.

"Memang belum ada permintaan resmi, namun kami tetap tempatkan anggota untuk mengantisipasi masuknya orang-orang yang tidak bertanggungjawab," katanya.

Sebelumnya, Pusat Arkeologi Nasional menemukan berbentuk tabung di dasar Laut Jawa yang ternyata kapal Selam jenis U-Boat milik Jerman.

Pewarta: I.C.Senjaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013