Tidak ada persiapan-persiapan khusus. Pada prinsipnya kami selalu siap jika sewaktu-waktu kewilayahan minta dukungan."
Timika (ANTARA News) - Detasemen B Brimob Polda Papua siap membantu mengamankan situasi kamtibmas di wilayah Timika dan sekitarnya menjelang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember mendatang.

Komandan Detasemen B Brimob Polda Papua, Kompol Iga Dwi Purwa Nugraha di Timika, Jumat, mengatakan sejauh ini tidak ada persiapan khusus menjelang 1 Desember yang dianggap hari keramat oleh sebagian orang Papua itu.

"Tidak ada persiapan-persiapan khusus. Pada prinsipnya kami selalu siap jika sewaktu-waktu kewilayahan minta dukungan," kata Iga Dwi Purwa.

Ia berharap situasi kamtibmas di wilayah Timika dan sekitarnya tetap aman-aman saja menjelang 1 Desember 2013.

Dalam melakukan pengamanan terhadap aksi yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu, Iga Dwi Purwa selalu mengingatkan anggotanya untuk bertindak profesional dan proporsional dalam melakukan penegakkan hukum.

"Kalau memang diperlukan upaya paksa, maka lakukanlah upaya paksa itu sesuai koridor hukum. Jika eskalasi situasi meningkat maka laksanakan tugas secara profesional," tuturnya.

Detasemen B Brimob Polda Papua yang bermarkas di Timika memiliki tugas pokok yaitu membantu tugas-tugas kewilayahan Polres Mimika. Selain itu juga membantu pengamanan area Obyek Vital Nasional (Obvitnas) PT Freeport Indonesia terutama di wilayah dataran rendah yang dekat dengan permukiman masyarakat.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013