Los Angeles (ANTARA News) - Justin Timberlake memperoleh penghargaan kategori artis pria favorit dalam ajang American Music Awards yang digelar di Nokia Theater, Los Angeles, pada Minggu (24/11) waktu setempat.

Timberlake (32), yang setelah lima tahun jeda kembali ke musik dengan "The 20/20 Experience", mengalahkan penyanyi R&B Bruno Mars dan Robin Thicke.

Pada acara penyerahan penghargaan, penyanyi yang masuk nominasi dalam lima kategori penghargaan American Music Award itu tampil bersama band Tennessee Kids menyanyikan  "Drink You Away."

Sementara penyanyi country-pop Taylor Swift (23) pada awal acara memenangkan dua penghargaan yakni penghargaan penyanyi wanita pop/rock non-televisi dan album country favorit televisi untuk album "Red" (2012).

"'Red' sangat berbeda dengan album yang saya buat sebelumnya dan alasan saya bisa melakukannya adalah penggemar... fakta bahwa enam juta dari kalian pergi membelinya. Itu gila," kata penyanyi itu dalam pidato penerimaan penghargaannya.

Penyanyi hip-hop pendatang baru Macklemore & Ryan Lewis juga masuk beberapa nominasi penghargaan termasuk kategori artis tahun ini dan artis pendatang baru tahun ini.

Duo penyanyi itu mendapatkan penghargaan album rap/hip-hop tahun ini untuk "The Heist".

Macklemore, yang berbicara dari Florida, menggunakan pidato penerimaan penghargaannya untuk menyampaikan isu sosial.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada Trayvon Martin dan beratus anak yang setiap tahun meninggal dunia karena rasisme... Ini waktu bagi kita untuk menjaga generasi muda dan melawan rasisme dan hukum yang melindunginya," kata penyanyi rap itu.

Martin, remaja berkulit hitam tanpa senjata, tertembak mati di Florida tahun 2012.

Sementara Rihanna (25) memperoleh penghargaan sebagai penyanyi soul/R&B perempuan favorit, kemenangan ketujuhnya di American Music Award dan yang ketiga untuk kategori itu.

Penyanyi Latin Marc Anthony, yang menang besar di ajang Latin Music Grammys, memenangkan penghargaan artis Latin favorit di American Music Award.

Band indie rock Imagine Dragons mendapat penghargaan sebagai artis alternatif rock favorit mengalahkan grup folk rock The Lumineers dan Mumford & Sons.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013