Los Angeles (ANTARA News) - Film "The Hunger Games: Catching Fire"  langsung melaju ke puncak bagan film box office pada akhir pekan dengan membukukan penjualan tiket sampai 307,7 juta dolar AS di seluruh dunia.

Para penggemar memenuhi bioskop untuk menyaksikan sekuel kedua serial "The Hunger Games" yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence itu, membawa film fiksi tentang bangsa Panem tersebut mencatatkan rekor penjualan di Amerika Serikat dan Kanada akhir pekan ini.

"Catching Fire" mengumpulkan sekitar 161,1 juta dolar AS dari Kamis malam sampai Minggu (24/11) di Amerika Serikat dan Kanada, rekor debut domestik untuk bulan November, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Angka itu melebihi perolehan dari penayangan pembukaan "Hunger Games" pada Maret 2012 yang sebesar 152,5 juta dolar AS.

"Catching Fire" menjadi film kedua yang tahun ini meraih pendapatan terbanyak saat debut setelah sekuel superhero "Iron Man 3" yang meraih 174,1 juta dolar AS.

Menurut Distributor Lions Gate Entertainment Corp, "Catching Fire" meraih 146,6 juta dolar AS dari penjualan tiket di luar negeri sepanjang Minggu lalu.

Sementara penayangan perdana IMAX domestik mencatatkan penjualan tiket 12,6 juta dolar AS, rekor bulan November untuk pembukaan format layar lebar.

Lions Gate mengklaim film itu merangkul penonton yang lebih luas daripada film pertama dengan penonton berusia kurang dan lebih dari 25 tahun masing-masing meliputi separuh dari pembeli tiket.

Film "Hunger Games" yang pertama mencatat pendapatan 691,2 juta dolar AS di seluruh dunia.

"Kekuatan 'Hunger Games' tidak bisa diremehkan. Film ini jelas memperluas penggemarnya baik di dalam maupun luar negeri," kata analis dari Boxoffice.com, Phil Contrino.

Film kedua menceritakan tur kemenangan Katniss dan Peeta Mellark (Josh Hutcherson) setelah memenangkan pertandingan mematikan yang diselenggarakan pemerintah.

Aksi heroik mereka memicu gerakan bawah tanah untuk revolusi dan membuat keduanya harus kembali bertarung demi hidup mereka.

Para kritikus memuji "Catching Fire" dengan rating 89 persen positif dari ulasan yang dikumpulkan Rotten Tomatoes.

Pemirsa memberikan nilai "A" pada film kedua yang dibuat berdasarkan novel Suzanne Collins itu dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh CinemaScore.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013