Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta akan menyelenggarakan "Gebyar Budaya Nusantara" di Plaza Taman Monumen Nasional, Jakarta Pusat, pada Sabtu (30/11) pukul 10.00 hingga 19.00 WIB.

"Acara ini digelar di Monas sebagai area publik dengan akses yang sangat mudah bagi seluruh warga, sehingga diharapkan dapat menjadi hiburan segar bagi seluruh masyarakat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman, Selasa.

Menurut dia, atraksi seni dan budaya dari berbagai daerah akan ditampilkan dalam acara yang ditujukan untuk meningkatkan apresiasi terhadap keragaman budaya nusantara itu.

Acara itu juga akan meliputi Parade Budaya Betawi yang antara lain menampilkan ondel-ondel, tanjidor, dan Ronggeng Betawi serta parade pakaian daerah dan atraksi permainan tradisional yang melibatkan remaja dan anak-anak.

Rombongan marching band, Saung Angklung Udjo, dan band Armada juga akan memeriahkan acara yang akan dipandu oleh Inneke Koesherawaty dan Hedi Yunus tersebut.

"Kami berharap acara ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat bagi para generasi muda untuk berkarya dan mencintai budaya bangsa sendiri sebagai jati diri bangsa yang pada akhirnya bangga menjadi bangsa Indonesia," kata Arie.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013