... karena kerja secara parsial tidak akan menuntaskan permasalahan yang harus diputuskan segera... "
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menegaskan, harus ada gagasan besar kebijakan bersama pemerintah pusat dengan pemerintah Provinsi DKI untuk menuntaskan persoalan banjir di ibukota negara itu.

"Gagasan besar yang tertuang dalam kebijakan bersama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, karena kerja secara parsial tidak akan menuntaskan permasalahan yang harus diputuskan segera," ujar Jokowi, di Jakarta, Selasa.

Dari sisi pemerintahan DKI Jaya, kata dia memberi contoh tentang gagasan besar itu, membangun tanggul laut raksasa di muka pantai, di utara Jakarta. 

"Di situ juga ada tampungan air baku, ada industri, perumahan, sehingga jadi sebuah kota baru yang sederhana dan efisien, kalau disaingkan negara lain kita punya yang ditawarkan, karena dekat bandara serta air bakunya siap," kata dia.

"Jadi apalagi yang dinanti. Upstream-nya digarap, atas digarap, semua harus terintegrasi, ini kerja besar, bukan kerja rutinitas," ujar dia.

Sebelumnya, pemerintah pusat membentuk National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) bertujuan membantu pemerintah Provinsi DKI menyelesaikan banjir yang tiap tahun melanda ibu kota.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013