Jelas dua penyerang mereka merupakan ancaman di setiap pertandingan dan saya berpikir mereka juga diuntungkan dari kinerja Jordan Henderson dan Steven Gerrard
Manchester (ANTARA News) - Gary Neville melontarkan "bogem" kepada Liverpool musim ini dengan mengatakan The Reds tidak akan meraih gelar, meski besar kemungkinan klub itu kembali ke posisi empat besar Liga Inggris (Premier League).

Anak asuh Brendan Rodgers dalam performa yang baik musim ini dan hanya tergelincir dua kali di Liga Premier saat kalah dari Southampton dan Arsenal.

Performa baik Liverpool disebabkan duet maut antara Luis Suarez dan Daniel Sturridge, keduanya masing-masing telah menjaringkan sembilan gol di ajang liga.

"Jelas dua penyerang mereka merupakan ancaman di setiap pertandingan dan saya berpikir mereka juga diuntungkan dari kinerja Jordan Henderson dan Steven Gerrard," kata Gary Neville dilansir dari laman Skysports (28/11).

"Pemain dapat lebih beristirahat karena tidak bermain di kompetisi Eropa sehingga memiliki kesempatan tiap minggunya untuk merencanakan pertandingan tetapi pada umumnya sudah ada perkembangan dari musim lalu," tambah Gary Neville.

Pencapaian tertinggi Liverpool di era Premier League terjadi pada musim 2008/09 ketika mereka finis di urutan kedua.

Capaian itu merupakan kali terakhir mereka lolos ke Liga Champions. Saat ini Liverpool fokus kepada asa kembali  ke jajaran "Big Four" Inggris untuk menghidupkan bara harapan di kancah Eropa seperti tahun 2005 ketika mereka merajai Eropa lewat final dramatis di Istanbul.

"Liverpool tentu saja menjadi kandidat kuat empat besar tapi saya pikir mereka tidak akan memenangkan gelar," kata mantan kapten United ini.

"Saya tidak berpikir mereka dapat kemajuan banyak musim ini tapi mereka punya kesempatan yang fantastis untuk mendapatkan empat besar," kata mantan bek kanan United dan Inggris ini.

"Jika Anda ingat di mana mereka tahun lalu, kini faktanya mereka berjuang untuk posisi Liga Champions itu adalah perkembangan untuk Liverpool musim ini," kata Neville yang kini menjadi komentator di Sky Sports.

Mengakhiri musim tanpa piala dan finis ketujuh di liga musim lalu membuat The Reds gagal lolos ke kompetisi Eropa. Hal itu memungkinkan Liverpool berfokus pada kompetisi domestik.

"Saya berpikir mereka tidak berada di Liga Europa musim ini adalah nilai tambah karena mereka bisa berkonsentrasi penuh untuk kembali ke Liga Champions," kata pemain jebolan akademi Manchester United ini.

Akhir Minggu ini Liverpool akan bentrok dengan Hull diikuti pertandingan kandang melawan West Ham dan Norwich sampai sebelum Natal. Perkembangan beberapa pekan ke depan sangat penting bagi Liverpool.

"Periode Natal ini sangat penting. Anda selalu mengatakan itu tapi saya pikir itu benar-benar penting musim ini. Saya pikir apa yang kita lihat pada Liverpool khususnya pada dua atau tiga pertandingan yang di atas kertas bisa mereka menangkan," kata pesepakbola bernama lengkap Gary Alexander Neville.

"Sampai Tahun Baru mereka akan menghadapi pertandingan sulit melawan City, Chelsea dan Tottenham," katanya menegaskan.

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013