Operator yang berbasis di Norwegia itu juga mengumumkan berencana membawa telepon Firefox OS ke Asia pada 2014."
Jakarta (ANTARA News) - Sistem operasi Firefox sekarang sudah tersebar di 13 negara menyusul peluncuran sejumlah smartphone berperangkat lunak buatan Mozilla itu di sejumlah negara Eropa yang dimulai dari Jerman, serta masuk Asia pada 2014.

Menyusul peluncuran di Amerika Latin pada Oktober, ponsel Firefox OS juga telah diluncurkan di lebih banyak pasar-pasar Eropa baru-baru ini, kata Mozilla dalam blog resminya Kamis (Jumat dinihari WIB).

Dalam beberapa minggu terakhir, Deutsche Telekom memulai pemasaran ponsel-ponsel Firefox OS melalui Telekom di Hungaria dan COSMOTE di Yunani.

Awal tahun ini Deutsche Telekom meluncurkan sejumlah ponsel Firefox OS melalui T-Mobile di Polandia.

Telenor juga pendukung Firefox OS yang sangat aktif. Telenor hari ini mengumumkan ponsel Firefox OS pertamanya yang sudah tersedia di Hungaria minggu lalu dan sekarang memulai penjualan di Serbia serta Montenegro.

"Operator yang berbasis di Norwegia itu juga mengumumkan berencana membawa telepon Firefox OS ke Asia pada 2014," kata Mozilla.

Mozilla sedang bekerja dengan operator, mitra piranti keras dan pengembang di seluruh dunia untuk menawarkan lebih banyak pilihan dan kendali dalam industri mobile dengan Firefox OS.

Berbagai smartphone bersistem operasi Firefox merupakan perangkat pertama yang digerakkan serangkaian teknologi web untuk personalisasi dan performa yang diinginkan pengguna dalam sebuah smartphone dengan pengalaman indah, intuitif, dan mudah digunakan yang tidak ditemukan di ponsel lain, demikian Mozilla.

Penerjemah: Suryanto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013