Jakarta (ANTARA News) - Selama dua bulan lamanya, sejak 13 September hingga 13 November 2013, Kompetisi Komik Indonesia memasuki masa penjurian dan puncaknya Jumat lalu para pemenang kompetisi ini diumumkan dalam malam penghargaan di Panggung Utama Pekan Kreatif Indonesia yang diselenggarakan Kemenparekraf di Epicentrum Walk Kuningan Jakarta Selatan.

Siaran pers Kemenparekraf yang diterima ANTARA News, Minggu, menyebutkan hadiah dan trofi yang diserahkan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Para pemenang tersebut adalah:

  1. Pemenang Kompetisi Komik Indonesia 2013 1st Golden Winner  Edi Jatmiko dari Jogjakarta dengan judul komik Warisan meraih hadiah uang tunai Rp30 juta.
  2. Pemenang 2nd Golden Winner Sheila Rooswitha Putri dari Jakarta dengan judul komik Laut Untuk Semua meraih hadiah uang tunai Rp25 juta.
  3. Pemenang 3rd Golden Winner Risza Ardiansyah Perdhana dari Tanggerang dengan Judul Komik Makan makan meraih hadiah uang tunai Rp20 juta.
  4. Pemenang 1st Silver Winner Ockto Ryanto Parlaungan dari Jakarta dengan judul komik Keluar Saung meraih hadiah uang tunai Rp15 juta.
  5. Pemenang 2nd Silver Winner I Made Marthana Yusa dari Bali dengan judul komik Naga yang memakan gambar meraih uang tunai  Rp10 juta.
  6. Pemenang 3rd Silver Winner Aji Prasetyo dari Malang dengan judul Harimau dari Madiun meraih uang tunai Rp7.5 juta.
Selain mendapatkan uang tunai, para pemenang Golden Winner dan Silver Winner juga mendapatkan trofi dan sertifikat dari Panitia Kompetisi Komik Indonesia 2013 dan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Dewan juri juga memilih 10 Special Jury Mention yang masing-masing mendapatkan hadiah Rp5 juta yang diberikan kepada W Dharmawan dari Surabaya, Sweta Kartika dari bandung, Putu Dedi KP dari Bali, C Suryo Laksono dari Jakarta, Eko S Bimantara dari Bogor, Kharisma Jati dari Jogjakarta, Hasby Mubarock dari Jogjakarta,  Indra Wisnu Wardhana dari Malang,  Dimaz Rajendra Sadewa dari Jogjakarta  Sukriyadi Sukartoen dari Semarang.         


Kompetisi Komik Indonesia yang sudah diselenggarakan dua kali sejak 2012 menjaring para komikus daerah yang selama ini mungkin tidak dikenal para komikus yang sudah menerbitkan buku.

Tahun 2013 lebih dari 250 karya masuk ke panitia dan diseleksi menjadi 16 karya untuk masuk nominasi yang dinilai oleh Iwan Gunawan ketua juri, dan Hikmat Dharmawan, Gupta Mahendra dan Rini Sugianto.

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013