Mamuju (ANTARA News) - Mercusuar di kepulauan Lereklerekang perairan Sulawesi batal dibangun karena  pulau itu masih dalam sengketa wilayah.

"Kemendagri pada tahun ini akan membangun Mercusuar di kepulauan Lereklerekang, namun batal karena pulau yang terletak di selat Makassar tersebut sementara disengketakan dengan Provinsi Kalimantan Selatan," kata Asisten I Pemprov Sulawesi Barat, Jamil Barambangi di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulbar dan Kalsel masing-masing mengklaim kepulauan tersebut dan sengketa sudah di Mahkamah Agung.

"Mercusuar akan dibangun di Lereklerakang karena selat Makassar merupakan alur laut kepulauan Indonesia (Alki) II, yang ramai dilalui kapal yang melakukan pelayaran internasional," katanya.

Menurut dia, karena disengketakan, Kemendagri tidak mau membangun Mercusuar, dan menunggu sampai sengketa wilayah antara Provinsi Sulbar dan Kalsel, selesai diputuskan secara hukum.

"Di pulau Lereklerekang, terdapat makam penduduk Kabupaten Majene Provinsi Sulbar, membuktikan pulau itu dikuasai orang Sulbar, selain itu juga dibuktikan melalui peta wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) yang merupakan Provinsi induk Provinsi Sulbar sebelum dimekarkan tahun 2004 yang lalu," katanya.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013