Jika sudah masuk peringkat lima besar maka Rasmanudin bisa menantang juara IBO Asia Pasifik yang saat ini dipegang petinju Australia Jason Cooper,"
Semarang (ANTARA News) - Juara nasional kelas super bantam Rasmanudin bakal menghadapi petinju Filipina Roberto Lario pada pertarungan di Metro City, Perth, Australia Barat, Australia, 6 Desember 2013, untuk memperbaiki peringkat Asia Pasifik.

Pelatih Rasmanudin, Budi Wizon ketika dihubungi di Semarang, Senin, mengatakan, sekarang ini peringkat Rasmanudin di IBO Asia Pasifik di urutan ketujuh dan kalau ia dapat mengalahkan petinju Filipina tersebut peringkatnya bisa masuk lima besar.

"Jika sudah masuk peringkat lima besar maka Rasmanudin bisa menantang juara IBO Asia Pasifik yang saat ini dipegang petinju Australia Jason Cooper," katanya.

Pertarungan Rasmanudin melawan Roberto Lerio akan menjadi salah satu partai tambahan pertarungan antara pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John melawan petinju Afrika Selatan Simpiwe "V12" Vetyeka dan juara dunia kelas ringan IBO Daud Yordan melawan Shipo "Tsunami" Taliwe di Australia, Jumat (6/12).

Berdasarkan informasi, selain pertarungan antara Rasmanudin melawan Riberto Leria, partai tambahan lainnya adalah Jeremy Van Diemen (Australia) melawan Frank Ciampa (Australia), kemudian John Squillace (Australia) melawan Brett Peters (Australia), Naoufel Ben Rabeh (Australia) melawan Jeef Horn (Australia), serta Matt Garlett (Australia) melawan Ryan Sermona (Filipina).

Menurut dia, mengingat pertarungan Rasmanudin hanya sifatnya untuk memperbaiki peringkat maka hanya dilangsungkan selama enam ronde.

Ia mengatakan, kondisi Rasmanudin lebih baik dibanding sebelumnya dan siap bertarung melawan petinju Filipina tersebut. "Sebelumnya memang ada rencana untuk mementaskan Rasmanudin pada November 2013 tetapi karena kondisinya kurang bagus maka akhirnya yang bersangkutan naik ring bersamaan dengan Chris John," katanya.

Menurut dia, Rasmanudin sudah satu bulan ini menjalani latihan di Sasana Herrys Gym di Perth, Australia, di bawah bimbingan Craig Christian, pelatih sekaligus manajer Chris John. "Sebelum November Rasmanudin juga sudah berlatih di sana tetapi pulang dulu bersama Chris John karena mengurus perpanjangan visa," katanya.

Petinju dari Sasana Sindoro Semarang ini pernah bertarung melawan Jason Cooper saat menjadi salah satu partai tambahan pertarungan perebutan gelar juara dunia kelas ringan IBO antara Daud Yordan melawan Daniel Eduardo Brizuela (Argentina) di Australia, 6 Juli 2013.

Saat itu Rasmanudin yang memiliki rekor bertarung 17 kali menang (sembilan di antaranya dengan KO), empat kali kalah (tiga di antaranya dengan KO), dan dua kali seri ini, kalah angka dari juara nasional Australia (Jason Cooper), 94-96,92-98,93-97. (H015/A008/M028)

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013