Jakarta (ANTARA News) - Samsung Electronic sedang memulai pengembangan modul kamera smartphone 20 megapiksel yang kemungkinan akan dirilisnya pada semester kedua tahun depan.

Samsung ingin meningkatkan jumlah piksel pada kamera untuk ponsel-ponselnya setelah mengaplikasikan yang 16 megapiksel pada Galaxy S5 yang akan segera diluncurkan, menurut laporan media teknologi Korea, ET News, baru-baru ini.

Perusahaan Korea itu memutuskan untuk melengkapi smartphone generasi selanjutnya dengan kamera 20MP dan mengembangkan komponen-komponen terkait seperti sensor gambar Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS), aktuator auto-focus, dan lensa indeks-tinggi.

Menurut laporan industri pada 1 Desember, Divisi Advanced Development Team Wireless Business di Samsung Electronics mulai mengembangkan modul kamera 20MP yang ditargetkan bisa dirilis paruh kedua tahun depan.

Samsung Electronics telah menjalin kesepakatan dengan Sony untuk memasok secara eksklusif sensor gambar CMOS piksel-tinggi.

Samsung diketahui akan mengadopsi modul kamera 16MP untuk 25 persen ponsel-ponsel pintarnya yang akan dirilis tahun depan.

Samsung berencana mengirimkan 360 juta ponsel pintar tahun depan, dan permintaan modul kamera 16MP akan meningkat menjadi 90 juta unit.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013