Jakarta (ANTARA News) - Beberapa ruas jalan akan ditutup selama kirab budaya nusantara di kawasan Monumen Nasional Jakarta pada Minggu (8/12), kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono pada Minggu.

Ruas jalan yang akan ditutup selama kirab budaya adalah:
  • Jalan menuju Sekretariat Wakil Presiden dan Kedutaan Besar Amerika Serikat
  • Jalan Medan Merdeka Timur
  • Gerbang Monas Timur Laut sampai Simpang Medan Merdeka Utara
  • Merdeka Utara Sisi Utara dan Selatan
  • Medan Merdeka Selatan Sisi Utara dan Selatan
Selain itu akan dilakukan pengalihan arus dari Jalan Hayam Wuruk menuju ke Bunderan Hotel Indonesia (HI) ke Jalan Juanda-Jalan Pos-Gedung Kesenian-Lapangan Banteng-Pejambon dan seterusnya.

Sementara lalu lintas kendaraan dari Bunderan HI ke Thamrin yang menuju Harmoni dialihkan melalui Jalan Budi Kemulyaan-Abdul Muis-Majapahit dan seterusnya.

"Khusus Jalan Budi Kemulyaan akan diterapkan satu arah dari Timur ke Barat semua," kata Udar.

Selain itu kendaraan dari arah Jatibaru ke Tugu Tani akan dialihkan ke Jalan Kebon Sirih dan lalu lintas kendaraan dari Tugu Tani ke arah Jati Baru dialihkan melalui Medan Merdeka Timur-Perwira-Lapangan Banteng-Veteran-Suryopranoto dan seterusnya.

Rute bus Transjakarta juga akan disesuaikan.

"Kalau perlu, rute busway kita hentikan sementara karena animo masyarakat tinggi, karena dengan lewatnya busway dikhawatirkan akan terganggu," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa penonton kirab bisa memarkir kendaraan mereka di Monas, Gedung DPRD DKI Jakarta, Masjid Istiqlal dan gedung-gedung perkantoran sepanjang rute kirab.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013