Lubukbasung (ANTARA News) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan pembalakan liar merupakan ancaman luar biasa yang bisa mengakibatkan bencana alam dan satwa asli Indonesia punah.

"Apabila hal ini tidak diatasi, longsorn dan banjir mengancam, dan hewan asli Indonesia akan punah," kata Zulkifli Hasan saat menghadiri Hari Penanaman Nasional tingkat Sumbar yang dipusatkan di Lawang Park, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu.

Agar ancaman ini tidak terjadi, Kementerian Kehutanan (Kemhut) Republik Indonesia dan DPR-RI sedang membahas Undang-undang tentang pembalakan liar. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah disahkan," katanya.

Kemhut juga mencanangkan penanaman pohon satu miliar di seluruh Indonesia. Pada 2010 sebanyak 1,3 juta pohon ditanam, pada 2011 sebanyak 1,5 miliar pohon, pada 2012 sebanyak 1,6 miliar pohon, pada 2013 diperkirakan sebanyak 1,8 miliar.

Pada tahun depan, imbuhnya, penanaman pohon akan tembus 2 miliar pohon. "Saya optimis ini tercapai, sehingga berdampak positif untuk ketahanan ekosistem, penyimpanan air dan lainnya."

Zulkifli Hasan menghimbau kepada masyarakat agar menjaga hutan dengan lebih baik demi masa depan.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menambahkan, Pemprov Sumbar sangat serius menjalankan program menanam pohon dengan melibatkan masyarakat, TNI, polri dan lainnya.

"Program ini kami lakukan dengan tujuan hutan menjadi baik dan terhindar dari bencana alam," katanya.

Pewarta: Hamriadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013