Saya sudah siap bertarung melawan petinju Afrika Selatan dan kondisi saya sekarang ini sudah baik sekali
Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA Chris John tinggal memfokuskan diri pada pertarungan melawan penantangnya Simpiwe "V12" Vetyeka (Afrika Selatan) pada pertarungan perebutan gelar di Metro Cuty. Perth, Australia Barat, Australia, Jumat (6/12).

Petinju dengan rekor bertarung 48 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan tiga kali seri ketika dihubungi dari Semarang usai acara timbang badan, Kamis, mengatakan, berat badannya sudah masuk ke kelas bulu (57,1 kilogram).

"Saya sudah siap bertarung melawan petinju Afrika Selatan dan kondisi saya sekarang ini sudah baik sekali. Sisa waktu yang ada (sehari ini) ini tinggal santai dan fokus untuk pertarungan besok," kata petinju dengan julukan The Dragon tersebut.

Pertarungan melawan petinju Afrika Selatan besok merupakan yang ke-19 kali bagi petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, untuk mempertahankan gelarnya yang direbut 10 tahun lalu saat menang atas petinju Kolombia Oscar Leon pada pertarungan ad-interim di Bali, 26 september 2003.

Pertarungan terakhir yang dijalani ayah dari Maria Luna Fersiha dan Maria Rosa Christiani tersebut, adalah saat menghadapi petinju Jepang, Satoshi Hosono di Jakarta, 14 April 2013.

Saat itu Chris John berhasil mempertahankan gelar yang ke-18 kali setelah bermain remis lawan Satoshi karena wasit menghentikan pertarungan itu pada ronde ketiga dari 12 ronde yang direncanakan.

Ketika ditanya apakah sudah mempelajari gaya bertarung petinju Afrika Selatan Simpiwe Vetyeka tersebut, suami mantan atlet wushu Jateng Ana Maria Megawati tersebut, mengatakan sudah mempelajarinya saat Vetyeka bertarung melawan Daud Yordan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Vetyeka memiliki gaya bertarung seorang boxer. "Dia (Vetyeka, red.) akan langsung merangkul lawan jika jarak dengan lawannya cukup dekat. Saya harus tetap menjaga jarak pukul saya saat bertarung dengan dia," katanya.

Petinju Afrika Selatan Simpiwe Vetyeka pernah bertarung melawan petinju Indonesia Daud Yordan di Jakarta, 14 April 2013. Saat itu Daud Yordan yang memegang gelar kelas bulu IBO tersebut dipaksa harus mengakui Vetyeka dengan TKO pada ronde ke-12.

Berdasarkan informasi, pertarungan kedua petinju (Chris John melawan Simpiwe Vetyeka) bakal dipimpin wasit Gustavo Padilla (Panama) dengan juri Gloria Martinez (Amerika Serikat), Takeo Harada (Jepang), dan Chalerm Prayadsab (Thailand).

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013