Semarang (NTARA News) - Indonesia memastikan satu tempat di final nomor tunggal putri kejuaraan bulu tangkis Yonex-Sunrise Vietnam Open, menyusul pertemuan Maria Febe Kusumastuti dan Hera Desi pada babak semifinal kejuaraan itu.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jumat malam, mengatakan, dengan majunya kedua pemain ini maka Indonesia sudah memastikan satu pemainnya melangkah ke babak final.

Pemain pelatnas asal Djarum Kudus Maria Febe Kusumastuti yang menempati unggulan ketiga melangkah ke babak semifinal setelah menyingkirkan unggulan keenam dari Thialand Chochuwong Pornpawee dengan dua gim 21-16,21-15 dalam waktu 35 menit sedangkan Hera Desi yang menempati unggulan kedua menyingkirkan unggulan ketujuh dari taiwan Hsu ya Ching dengan 21-19 dan 21-6 dalam waktu 32 menit.

Semifinalis lainnya akan saling berhadapan pemain China He Bing Jiao menghadapi pemain Korea Ko Eun Byul. Bing Jiao mengalahkan Hung Shih Han (Taiwan) 22-20,21-13, sedangkan Ko Eun Byul menyingkirkan pemain Taiwan lainnya Chiang Mei Hui 21-7,21-18 di babak perempat final.

Sementara itu pada nomor tunggal putra, Indonesia menempatkan dua wakilnya pada babak semifinal yaitu Simon Santoso dan Alamsyah Yunus. Simon santoso yang menempati unggulan kesembilan mengalahkan unggulan kedelapan dari China Song Xue dengan tiga gim 21-23,22-20,21-8 dalam waktu satu jam 10 menit.

Pada babak semifinal, Simon bakal menantang ungulan kedua dari Malaysia Tan Chun Seang yang sebelumnya mengalahkan rekannya Ching Yee Han dengan 21-18,21-13.

Pertemuan Simon yang kini menempati peringkat 79 dunia di babak semifinal ini sekalgus kesempatan bagi Simon untuk membalas dendam atas kekalahan dari Tan yang menempati peringkat 51 dunia pada kejuaraan bulu tangkis Denmark Open 2012 (saat itu Simon kalah dua gim langsung 14-21,19-21).

Tunggal putra Indonesia lainnya Alamsyah Yunus yang menempati unggulan pertama pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah 50 ribu dolar Amerika Serikat tersebut melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan unggulan ketujuh dari China Wei nan dengan dua gim 21-15 dan 21-16.

Pada babak empat besar Alamsyah Yunus akan menghadapi pemain Korea Son wan Ho yang menyingkirkan pemain Malaysia Muhammad Hafiz Hashim 21-16,21-14.

Pada nomor ganda putra, satu-satunya wakil Indonesia pasangan Fran Kurniawan/Bona Septano yang menempati unggulan kelima melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan pasangan Thailand Cholprasertsuk Kritti/Tovannakasem Samatcha dengan 21-13,21-14.

Pada babak empat besar Fran Kurniawan/Bona bakal menghadapi ganda Korea Kim Dae Eun/Lee Sang Joon yang sebelumnya menyingkirkan rekannya Choi Sol Kyu/Kang Ji Wook 21-9,21-14. Semifinalis lainnya akan saling berhadapan Chang Kai Liang/Su Yi Neng (Taiwan ) menghadapi pemenang antara pasangan Malaysia Chooi Kah Ming/Teo Ee Yi melawan Lin Cha Yu/Wu Hsiao-Lin (Taiwan).

Sementara itu pada nomor ganda putri pasangan pelatnas asal Djarum Kudus Komala Dewi Meiliana Jauhari gagal melangkah ke babak semifinal setelah dikalahkan unggulan ketigaChen Hsiao Huan/Lai Chia Wen dengan tiga gim 21-16,15-21, dan 25-27.

Dengan hasil ini, Indonesia menempatkan lima wakilnya pada babak semifinal kejuaraan bulu tangkis yang dilangsungkan di kota Ho Chi Minh, Vietnam. (*)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013