Jakarta (ANTARA News) - Grup C dihuni oleh tim-tim dengan kekuatan relatif seimbang, namun sepertinya Kolombia akan menjadi terfavorit memuncaki grup karena tampil di benuanya sekaligus penampilan lebih mengesankan di babak kualifikasi.

Tiga tim lainnya yang menghuni grup ini adalah Jepang, Pantai Gading dan Yunani.

Dengan penampilan mulusnya selama kualifikasi dan prestasi lumayan pada beberapa Piala Dunia terakhir yang diikutinya, Jepang akan menjadi pendamping kuat Kolombia ke babak berikutnya.

KOLOMBIA
Pelatih: Jose Pekerman
Kolombia lolos meyakinkan di bawah Argentina di zona Amerika Selatan demi menggapai putaran final Piala Dunia pertama mereka sejak Piala Dunia 1998 di Prancis.
Pelatihnya yang asal Argentina Jose Pekerman telah membangun sebuah tim yang atraktif dengan ujung tombak Radamel Falcao, namun juga diperkuat para pemain seperti Carlos Bacca, James Rodriguez dan Jackson Martinez.
Los Cafeteros sebelumnya tak pernah tampil mengesankan pada putaran final Piala Dunia namun mereka saat ini menempati peringkat empat dunia dan dianggap berbahaya oleh tim mana pun yang akan ke Brazil. 
Pekerman melatih timnas negaranya pada perempatfinal Piala Dunia 2006 di Jerman.

PANTAI GADING
Pelatih: Sabri Lamouchi
Lamouchi yang mantan pemain timnas Prancis ini membuktikan diri pantas menjadi pelatih the Elephants yang tak terkalahkan dalam laga kualifikasi namun mengalami momen-momen gawat dalam pertandingan playoff yang menentukan melawan Senegal.
Keikutsertaan kali ini juga akan menjadi putaran final Piala Dunia ketiga kalinya berturut-turut untuk Pantai Gading dan mereka akan berharap untuk akhirnya maju melebihi fase grup setelah menderita karena masuk grup neraka pada Piala Dunia 2006 dan 2010.
Kali ini akan menjadi peluang terakhir dari generasi emas Didier Drogba dan Yaya Toure yang kalah mengenaskan pada final Piala Afrika 2012 lewat adu penalti dari Zambia, untuk tampil mengesankan pada sebuah turnamen besar, kendati ada sejumlah pemain bertalenta masuk termasuk Serge Aurier dan Wilfried Bony.

JEPANG
Pelatih: Alberto Zaccheroni
Jepang akan tampil kelima kali berturut-turut pada Piala Dunia dan akan berupaya mempersembahkan penampilan mengesankan pada turnamen besar.
Mereka mencapai babak 16 Besar Piala Dunia 2010 dan menjuarai Piala Asia 2011 dan Piala Asia Timur tahun ini, dan 'Samurai Biru' dengan mudah lolos di bawah kepelatihan Zaccheroni yang mantan pelatih AC Milan tersebut.
Mereka mempunyai kualitas yang mumpuni di tengah termasuk kapten Makoto Hasebe yang memperkuat Nuremberg, pemain CSKA Moscow Keisuke Honda dan pemain Manchester United Shinji Kagawa.

YUNANI
Pelatih: Fernando Santos
Juara Eropa 2004 ini secara khusus sulit ditundukkan dalam babak kualifikasi hingga mengalahkan Rumania di play-off setelah finish di belakang Bosnia-Herzegovina dengan perbedaan gol di grup mereka.
Mereka hanya sedikit kebobolan gol, namun juga lebih tumpul menciptakan gol dan mengandalkan talenta-talenta mencipta gol dari pemain seperti striker Olympiakos Kostas Mitroglou.
Yunani tak pernah lolos dari fase grup dalam penampilannya pada dua putaran final Piala Dunia yang diikutinya, sehingga kini mereka berharap mendapatkan keberuntungan di penampilan ketiga kalinya di bawah asuhan pelatih asal Portugal Fernando Santos.

sumber: AFP

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013