Semarang (ANTARA News) - Tunggal putri pelatnas asal Djarum Kudus Maria Febe Kusumastuti melangkah ke semifinal kejuaraan bulu tangkis Yonex-Sunrise Vietnam Open setelah mengalahkan pemain Thailand di babak perempat final.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jumat, mengatakan, keinginannya adalah Febe bisa bertemu dengan Hera Desi supaya Indonesia memiliki wakilnya di babak final pada tunggal putri.

"Sebenarnya Febe kalau mau masih bisa bersaing dengan pemain lain, hanya saja sekarang ini kondisi Febe masih labil," katanya.

Pada perempat final, Maria Febe yang menempati unggulan ketiga pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 50 ribu dolar Amerika Serikat tersebut menyingkirkan unggulan keenam dari Thailand Chochuwong Pornpawee dengan dua gim langsung 21-16 dan 21-15 dalam waktu 35 menit.

Pada babak empat besar Maria Febe akan bertemu pemenang antara unggulan kedua Hera Desi melawan unggulan ketujuh Hsu Ya Ching dari Taiwan. Jika bertemu rekannya Hera Desi di babak semifinal, tentunya masing-masing sama-sama mengerti kekuatan dan kelemahan karena keduanya sama-sama di pelatnas.

Tetapi jika bertemu Hsu Ya Ching bakal menjadi pertemuan yang ketiga bagi kedua pemain (Febe dan Ya Ching) dan skor pertemuan mereka adalah 1-1.

Maria Febe yang kini menempati peringkat 48 dunia tersebut menang pada kejuaraan Korean Open Grand Prix Gold 2013 (21-15 dan 21-16), sedangkan sebelumnya Febe kalah dari ya Ching yang menempati peringkat 53 dunia pada Vietnam Grand Prix Gold 2008 (16-21,22-20, dan 15-21).

Pada nomor tunggal putra, Alamsyah Yunus menantang pemain Korea Son Wan Ho pada babak semifinal setelah mengalahkan pada perempat final.

Pada kejuaraan ini, Alamsyah Yunus memang menempati unggulan pertama sedangkan pemain Korea tersebut menempati unggulan keenam tetapi dari peringkat dunia yang dimiliki Alamsyah masih kalah dengan Son Wan Ho.

Alamsyah Yunus sekarang ini menempati peringkat 38 dunia sedangkan pemain Korea tersebut menempati peringkat 30 dunia. Pertemuan mereka pada babak empat besar merupakan yang pertama karena mereka belum pernah bertemu pada laga internasional.

Alamsyah Yunus melangkah ke empat besar setelah menyingkirkan unggulan ketujuh dari China Wei Nan dengan dua gim langsung 21-15 dan 21-16 dalam waktu 40 menit, sedangkan pemain Korea tersebut menyingkirkan tunggal putra Malaysia Muhammad Hafiz Hasgim dengan dua gim langsung 21-16 dan 21-14 dalam waktu 35 menit.

Sementara itu pada nomor ganda putra pemain pelatnas asal Djarum Kudua Fran Kurniawan yang berpasangan dengan Bona Septano melangkah ke semifinal setelah menyingkirkan pasangan Thailand Cholprasertsuk Kritti/Tovannakasem Samatchi dengan dua gim langsung 21-13 dan 21-14 dalam waktu 15 menit.

Pada babak semifinal, Fran Kurniawan/Bona Septano yang menempati unggulan kelima bakal menghadapi akan menghadapi pemenang antara dua pasangan Korea Kim Dae Eun/Lee sang Joon melawan Choi Sol Kyu/Kang Ji Wook. (H015/I007)

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013