Jakarta (ANTARA News) - Prestasi "Sang Kiai" sebagai film terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2013 akan menjadi perwakilan Indonesia di ajang Academy Awards 2014 kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Film berkisah tentang seorang ulama KH Hasyim Asyari itu meraih empat Piala Citra di malam puncak FFI 2013 di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu malam (7/12).

Sejatinya, film yang dibintangi oleh pemeran utama Ikranagara tersebut mendapat persaingan ketat dari film lainnya seperti "Habibie dan Ainun" (raihan tiga Piala Citra) serta "Belenggu" (dua Piala Citra). Terlebih film-film rival itu masuk ke dalam sejumlah nominasi kategori penghargaan.

Contohnya, "Habibie dan Ainun" masuk ke dalam delapan nominasi sedangkan "Belenggu" lebih banyak lagi dengan 13 nominasi.

Empat kategori nominasi yang dimenangi "Sang Kiai" yaitu Film Bioskop Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Adipati Dolken), Penata Suara Terbaik (Khikmawan Santosa, M Ikhsan dan Yusuf A Pattawari) serta Sutradara Terbaik (Rako Prijanto).

Tahun ini, FFI menyeleksi sejumlah judul untuk meraih Piala Citra di masing-masing kategori. Di antaranya sebanyak 53 judul film bioskop, 80 judul film dokumenter durasi pendek, 21 judul film dokumenter durasi panjang, 119 judul film durasi pendek, 75 judul film televisi dan 93 judul film animasi durasi pendek.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013