Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi melepas 1.603 peserta Kirab Budaya sebagai puncak acara Festival Keraton Sedunia atau World Royal Heritage Festival yang diadakan 5--8 Desember 2013 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta.

Jokowi bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok, melepas 1.603 peserta Kirab Budaya dengan memukul kentongan bambu pada pukul 15.30 WIB.

Sebanyak 1.603 peserta Kirab Budaya ini terdiri dari 28 kelompok yang berasal dari banyak daerah di Tanah Air seperti; Siladendeng Lombok, Alam Melayu Minagkabau, Kasunanan Surakarta, Kepangeranan Gebang Kinatar dan Kesultanan Pamekasan.

Selain itu Kerajaan Inggris, Skotlandia dan Kerajaan Islam Brunei juga turut meramaikan pawai Kirab Budaya pada acra puncak World Royal Heritage Festival ini.

Sebelumnya sejak 5 Desember masyarakat Jakarta sudah menikmati pameran barang-barang keraton di Diorama Monas dan menikmati pameran kereta kencana dari berbagai kerajaan di Indonesia.

Dengan dilepasnya peserta Kirab Budaya ini oleh Jokowi pada pukul 15.30 maka dua pameran tersebut resmi ditutup karena baik perlengkapan maupun kereta kencana yang dipamerkan akan digunakan berkeliling Monas.

Puluhan kereta kencana tersebut berkeliling Monas dimulai dari Medan Merdeka Utara dan akan kembali lagi ke Monas melalui Medan Merdeka Selatan.

Cuaca yang gerimis di sekitar lokasi Kirab Budaya tidak menyurutkan minat warga untuk melihat pagelaran ini secara langsung.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013