Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi memulai pembangunan gedung baru setinggi 16 lantai lengkap dengan rumah tahanan senilai total Rp215 miliar dengan nama "Gedung Integritas Kebangsaan dan Kepedulian".

"...tahun depan adalah tahun politik, KPK punya kepentingan supaya proses politik tahun depan itu baik, KPK mau meletakkan Indonesia hebat bukan mimpi tapi cita-cita yang bisa direngkuh," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto saat penancapan tiang pancang gedung KPK di Jakarta, Senin.

"Kami akan membentuk prasasti untuk teman-teman yang nyawer gedung, kami ucapkan terima kasih kepada para penyawer karena kami mendapat Rp400 juta lebih, nanti akan kami buat prasasti untuk memperingati dari merekalah gedung KPK ini bisa dibangun," tambah Bambang.

Gedung baru KPK itu memiliki luas tanah 8.381 meter persegi yang berada di Jalan Gembira, Kuningan atau sekitar 500 meter dari gedung KPK saat ini, dengan rencana luas bangunan adalah 35.300 meter persegi, meski masih ada satu rumah yang bertahan di tanah tersebut.

Rencananya ada dua bangunan yaitu bangunan utama setinggi 16 lantai, dengan dua lantai basement sehingga memuat 280 kendaraan, dan gedung penunjang atau rumah tahanan yangmenampung 50 orang (40 orang laki-laki dan 10 orang persempuan).

Pembangunan gedung baru KPK akan memakan waktu tiga tahun.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013