Medan (ANTARA News) - Petugas Operasi Zebra Toba 2013 mencatat 34 korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas dalam 12 hari pelaksanaan razia dan penertiban di Sumatera Utara.

Kasubbid Pengelola Informasi dan Data Bidang Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan di Medan, Senin malam, mengatakan, jumlah korban tewas itu ditemukan dalam 108 kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Sumut.

Selain 34 korban tewas, petugas Operasi Zebra Toba juga mencatat adanya korban luka berat sebanyak 54 orang dan luka ringan 101 orang.

Pada akhir pekan, yakni pada Sabtu (7/12), tercatat sembilan kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan tiga pengguna jalan tewas dan delapan orang lagi mengalami luka ringan.

Sedangkan pada Minggu (8/12), jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebanyak delapan kasus yang menyebabkan satu orang tewas, tiga luka berat, dan lima luka ringan.

Adapun pada awal pekan yakni Senin (9/12), kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebanyak 18 kasus dengan korban tewas lima orang, luka berat enam orang, dan luka ringan 18 orang.

Menurut dia, jumlah pelanggaran aturan dan tertib berlalu lintas dalam 11 pelaksanaan Operasi Zebra Toba di Sumut tercatat sebanyak 27.512 pelanggaran.

Dari jumlah pelanggaran tersebut, pihaknya melakukan penindakan sebanyak 23.678 kali, terutama untuk pelanggaran yang dianggap berat dan dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan lain. (*)

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013