Target 120 medali emas tetap harus dicapai, tapi untuk juara umum tampaknya kami harus realistis,"
Nay Pyi Taw (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Roy Suryo mengatakan posisi Indonesia dalam perolehan medali masih jauh dari aman meskipun pada hari kedua SEA Games 2013 Myanmar, Kamis, tim Merah-Putih mampu memberikan tambahan medali emas.

"Ini masih jauh dari aman, perjalanan masih panjang, dan tuan rumah terus melambung dalam perolehan medali, persaingan masih sangat ketat," kata Menpora seusai meninjau venue cabang dayung di Nga Lite Dam, Nay Pyi Taw.

"Pada hari kedua siang hari SEA Games ini, Indonesia mendapat tambahan empat medali emas, sehingga total dengan yang diperoleh kemaren, kami telah mengumpulkan sembilan medali, ini masih harus berjuang keras," tambah Roy Suryo.

Dikatakannya, tuan rumah Myanmar kurang "fair" dalam penilaian pertandingan, mereka sempat merugikan Indonesia dengan kurang baiknya penilaian mereka.

"Kemaren saya dengar dari Ketua KOI atlet wushu kami bagus tapi dinilai jelek, begitu juga sepak takraw, penilaian kurang fair," katanya.

Menpora yang sebelum ke lomba dayung, juga sempat mengunjungi pertandingan renang dan bulutangkis menyatakan tetap optimis target perolehan medali bisa dicapai.

"Target 120 medali emas tetap harus dicapai, tapi untuk juara umum tampaknya kami harus realistis," tambahnya.

Hingga siang hari kedua SEA Games 2013 Myanmar, Kamis, Indonesia telah mengumpulkan sembilan medali emas, 10 perak dan 10 perunggu dan berada di posisi ketiga klasemen pengumpulan medali, unggul satu tingkat dari Thailand yang mengumpulkan delapan emas, 12 perak, dan sembilan perunggu.

Sedangkan tuan rumah Myanmar berada di posisi puncak sementara dengan 20 emas, 12 perak dan 10 perunggu.

(A020/A016)

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013