Ketika saya terhubung dengan sesuatu, saya langsung melihat visual atau serangkaian gambar yang terkait dengan perasaan atau emosi, kenangan dari masa kecil saya, pemikiran tentang kehidupan, mimpi atau fantasi saya. Dan mereka semua terhubung ke mus
New York (ANTARA News) - Penyanyi pop Amerika Serikat Beyonce mengejutkan penggemarnya dengan meluncurkan sebuah album solo ke lima pada Jumat yang berisi 14 lagu baru dan 17 video, menurut label rekamannya, Columbia Records, yang merupakan bagian dari Sony.

"Saya melihat musik ... lebih dari sekedar apa yang saya dengar," menurut pernyataan Beyonce saat menjelaskan sebagian besar video itu, yang menurut keterangan diambil gambarnya di Houston, New York City, Paris, Sydney dan Rio de Janeiro, lapor Reuters.

Penyanyi kelahiran Texas itu, yang memiliki nama asli Beyonce Knowles-Carter, adalah salah satu penyanyi paling sukses di dunia, dengan tiket konser yang selalu ludes dan menduduki urutan pertama penjualan.

Dia terkenal karena pertunjukan panggungnya yang energik, lagu "All the Single Ladies (Put Ring on It)" dan promosinya tentang pemberdayaan perempuan.

"Ketika saya terhubung dengan sesuatu, saya langsung melihat visual atau serangkaian gambar yang terkait dengan perasaan atau emosi, kenangan dari masa kecil saya, pemikiran tentang kehidupan, mimpi atau fantasi saya. Dan mereka semua terhubung ke musik," kata Beyonce dalam sebuah pernyataan dari Columbia Records.

Sejauh ini album tersebut hanya diluncurkan secara digital melalui iTunes, sebuah upaya, yang menurut Columbia untuk memungkinkan penggemar dapat membentuk pendapat mereka tanpa terlebih dahulu terpengaruh kritikus musik.

"Saya tidak ingin meluncurkan musik saya seperti yang sudah-sudah," kata Beyonce dalam pernyataan.

"Saya bosan dengan itu. Saya merasa seperti saya bisa berbicara langsung dengan penggemar saya. Ada begitu banyak hal di antara musik, artis dan para penggemar."

"Saya merasa seperti saya tidak ingin ada yang memberikan pesan kapan album ini akan diluncurkan. Saya hanya ingin ini diluncurkan saat ini telah siap dan dari saya untuk penggemar saya.

Para seniman, penulis lagu dan produser yang terlibat dalam album itu antara lain adalah suami Beyonce, Jay Z, lalu Timbaland dan JustinTimberlake.

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa peluncuran melalui iTunes juga ditujukan sebagai "rencana pencegahan" terhadap kebocoran album sebelum peluncuran resmi.

Sementara CD dan DVD akan mulai diluncurkan pada musim liburan, kata pernyataan itu.


Penerjemah: Gusti Nur Cahya Aryani

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013