Luanda (ANTARA News) - Penyanyi pop Amerika Mariah Carey akan tampil di hadapan publik Angola untuk pertama kalinya esok Minggu di stadion Coqueiro, di ibu kota Luanda, kata pihak penyelenggara seperti dikutip Xinhua.

Konser yang disponsor perusahaan telekomunikasi milik swasta Angola Unitel itu akan dihadiri oleh band-band Angola, termasuk Zona 5, B4 dan Nsoki, kata siaran pers pihak promotor Step Model.

Carey, lahir pada 27 Maret 1969, adalah penyanyi, penulis lagu, produser rekaman dan aktris. Dia merilis debut studio album mandirinya berlabel "Mariah Carey" pada 1990. 

Ia meraih multiplatinum dan menelurkan empat single berturut-turut menjadi nomor satu tangga Billboard Hot 100 Amerika Serikat.

Setelah pernikahannya dengan Mottola pada 1993 dan sukses lewat hit "Emotions" (1991), "Music Box" (1993) dan "Merry Christmas" (1994), Carey dikukuhkan sebagai salah satu penyanyi yang mencetak penjualan tertinggi.

"Her Daydream" (1995) membuat sejarah musik ketika single keduanya "One Sweet Day", berduet dengan Boyz II Men, menghabiskan rekor 16 pekan berada di puncak Billboard Hot 100 dan tetap menjadi lagu nomor satu terlama dalam sejarah Billboard Hot 100 AS.

Selama rekaman album, Carey mulai menyimpang dari R&B untuk melangkah ke pop serta perlahan melintas ke hip hop.

Perubahan musik ini menjadi jelas dengan rilis "Butterfly" (1997) ketika Carey telah berpisah dengan Mottola.

(H-AK) 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013