Monaco (ANTARA News) - Tidak ada alasan mengapa Uni Eropa tidak bisa mengendorkan beberapa sanksi terhadap Iran pada Januari, kata Menteri Luar Negeri Swedia Carl Bildt pada Sabtu, sebagai bagian dari kesepakatan sementara antara Teheran dan negara-negara besar untuk mengekang program nuklirnya.

Para diplomat pada Jumat mengatakan Iran, dalam apa yang tampaknya menanggapi keputusan AS untuk mem-blacklist perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan program nuklir, menghentikan pembicaraan teknis di Wina dengan enam negara mengenai bagaimana mengimplementasikan perjanjian itu.

"Saya tidak berpikir masalah di Wina adalah masalah. Itu berlebihan," kata Bildt Reuters di sela-sela sebuah konferensi di Monako yang dilansir Reuters.

"Saya berharap kita akan melihat pencabutan sanksi-sanksi itu pada bulan Januari. Saya tidak melihat alasan terhadap hal itu. "

Para menteri luar negeri Uni Eropa bertemu pekan depan untuk membahas proposal kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton untuk meringankan sanksi.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013