Sabtu, 30 Agustus 2014

Dubes Imron ajak "Kho Ping Hoo" ke China

Minggu, 15 Desember 2013 08:06 WIB | 3.508 Views
Dubes Imron ajak
Duta Besar Indonesia untuk China, Imron Cotan (ANTARA / R. Sukendi)
Beijing (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan "mengajak" penulis cerita silat Indonesia keturunan Tionghoa Sukawati Asmaraman alias Kho Ping Hoo ke China, dengan menggagas mengalihbahasakan karya silatnya ke bahasa Mandarin.

"Saya penggemar komik Kho Ping Hoo, sejak sekolah dasar. Kalau membaca komiknya, rasanya tidak ingin berhenti, selalu penasaran, mungkin karena setiap karya dicetak dalam ukuran kecil, seperti mini iPad, jadi sayang kalau dilewatkan satu halaman" katanya, saat ditemui ANTARA News di Beijing, Sabtu malam.

Ditemui usai peluncuran komik silat Kho Ping Hoo bertajuk "Suling Emas" versi Mandarin, ia menuturkan,"Kho Ping Hoo itu selama menuliskan karya-karya, belum pernah menginjakkan kakinya di China, yang melatari sebagian besar cerita silatnya,".

Bahkan, sebelum menjejakkan kakinya di Gunung Thaysan, di Provinsi Shandong, China, pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah pada 1926 itu telah melukiskan gunung itu dalam salah satu karya.

"Selama saya bertugas disini, saya sempat melihat Thaysan. Saya teringat Kho Ping Hoo, dan seperti yang diimajinasikan Kho Ping Hoo, gunung yang tidak begitu jauh dari Beijing itu memang indah," tutur Imron yang sangat menggemari salah satu karya Kho Ping Hoo "Bu Pun Su Lu Kwan Cu" atau Pendekar Sakti.

Menggemari cerita silat Kho Ping Hoo sekaligus karir diplomatiknya sebagai duta besar untuk China merangkap Mongolia, menginspirasi Imron untuk "mengajak" Kho Ping Hoo ke China dengan menghadirkan salah satu karyanya dalam versi Mandarin.

"Ini baru tahap awal, semoga semua serial cerita silat Kho Ping Hoo dapat dialihbahasakan ke Mandarin," ujarnya.

Dengan menggandeng pengusaha Kasim Ghozali sebagai pemegang hak cipta dan penerbit, Imron pun meluncurkan 200 buku silat "Suling Emas" karya Kho Ping Hoo versi Mandarin.

Selanjutnya, akan diedarkan dalam bentuk buku elektronik. Untuk buku elektronik "Suling Emas" karya Kho Ping Hoo versi Mandarin akan beredar secara on-line di China mulai pertengahan Januari 2014 dengan harga 1,88 Yuan, kata Kasim.

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga