Makassar (ANTARA News) - Dewan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia menyiapkan dana Rp120 miliar untuk membangun pusat grosir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Persiapan awal sementara dilakukan untuk membeli mal yang terbengkalai di kawasan Jl Urip Sumohardjo," kata Ketua Umum Dewan UKM Indonesia Irwan Wijaya di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan, apabila pembangunan pusat grosir bisa terealisasi pada Juni 2014 maka 1.241 pelaku UKM dapat mengisi pusat grosir yang rencananya dibangun enam tingkat tersebut.

Perusahaan bentukan Dewan UKM Indonesia, PT Mitra Solusi UKM, akan menata dan mengelola pusat grosir yang diprioritaskan bagi kelompok UKM itu.

"Selain membangun pusat grosir, juga direncanakan untuk membangun pusat kuliner dan jajanan khas daerah seperti di Pasar Senen yang buka 24 jam," katanya.

Di samping menyiapkan ruang usaha bagi pelaku UKM, Irwan menjelaskan, Dewan UKM juga akan membantu mereka mengakses modal usaha.

"Yang jelas, selain menyiapkan ruang usaha, kami juga akan membantu dari segi modal usaha, sehingga UKM dapat menjadi pilar ekonomi daerah yang berkonstribusi nasional," katanya.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013