Mukomuko (ANTARA News) - Kebakaran menghanguskan sedikitnya dua perumahan karyawan PT Daria Darma Pratama perusahaan perkebunan di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Minggu siang.

Menurut Elfianto, warga Kecamatan Ipuh, di Mukomuko, Minggu, kebakaran juga menghanguskan dua sepeda motor yang diparkirkan di dalam rumah salah satu karyawan perusahaan tersebut.

Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena dua karyawan penghuni perumahan itu yakni Joni dan Asep sedang tidak berada di rumahnya tetapi sedang pulang ke kampungnya di Desa Air Berau dan Air Rami.

Ia menduga, sumber api pertama kali berasal dari rumah Joni, supir perusahaan perkebuan itu, kemudian api meluas mengenai rumah Asep, karyawan perusahaan di bidang gudang.

Menurut dia, meskipun belum diketahui sampai sekarang penyebab pasti kebakaran tersebut tetapi diduga ada dua penyebab yakni korsleting listrik dan ledakan gas elpiji.

Karena, kata dia, sebelum terjadi kebakaran, ada warga setempat yang mendengar suara ledakan yang cukup keras dari perumahan karyawan yang terbakar tersebut.

Ia menerangkan, saat kejadian itu mobil pemadam kebakaran (Damkar) ada di lokasi tetapi tidak terkejar lagi memadamkan api yang membakar dua perumahan karyawan tersebut.

Mobil Damkar, kata dia, hanya bisa mencegah api yang membakar dua rumah itu menjqalar ke perumahan karyawan lainnya.

Selain rumah dan sepeda motor, kata dia, akibat kebakaran itu perabot rumah dan barang elektronik hangus terbakar.(*)

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013