London (ANTARA News) - Industri musik di Inggris diperkirakan memberikan kontribusi 3,5 miliar pound atau sekitar 5,7 miliar dolar AS per tahun bagi perekonomian Inggris, kata kelompok lobi industri.

UK Music, organisasi yang mewakili industri musik komersial di Inggris, menyampaikan laporan itu pada Senin (16/12).

Menurut UK Music, angka tersebut antara lain mencakup 1,6 miliar pound kontribusi dari musisi, komposer dan penulis lagu, 634 juta pound dari rekaman musik, dan 662 juta pound dari pertunjukan musik.

Selain itu ada 402 juta pound dari penerbitan musik, 151 juta pound dari perwakilan musik, serta 80 juta pound dari produser musik dan studio rekaman.   

Nilai ekspor industri musik Inggris mencapai 1,4 miliar pound per tahun, dan industri juga menyediakan lebih dari 101.000 pekerjaan penuh waktu, kata UK Music seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Jo Dipple, kepala eksekutif UK Music, mengatakan angka-angka itu menunjukkan bahwa musik Inggris adalah "kontributor substansial terhadap perekonomian" dan menyebut musik "aset hebat Inggris".

"Sebuah gambaran yang realistis tentang bagaimana peran industri akan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan investasi dan peraturan yang diperlukan untuk membantu industri kita berkembang," katanya.

Laporan lain dari UK Music juga menunjukkan bahwa wisatawan penggemar musik menambahkan miliaran uang untuk perekonomian Inggris dengan menghadiri acara-acara musik langsung setiap tahunnya.

Data menunjukkan bahwa sekitar 6,5 juta wisatawan penggemar musik meningkatkan pendapatan 2,2 miliar pound bagi perekonomian saat menghadiri festival dan konser selama 2012.

UK Music meminta pemerintah untuk mengadopsi strategi pariwisata musik dan mulai mengembangkan kebijakan bersama organisasi untuk membantu memanfaatkan keuntungan ekonomi dari industri musik di negara itu.

(Uu.A026)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013